Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERLINDUNGAN KONSUMEN PENUMPANG BUS KELAS NON-STOP TRAYEK BANDA ACEH - MEDAN YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN DALAM PENGANGKUTAN
Pengarang
MUHAMMAD DWI FEBRIAN - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1703101010172
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Muhammad Dwi Febrian,
2024
Perlindungan Konsumen Penumpang Bus Kelas Non- Stop Trayek Banda Aceh - Medan yang Mengalami Keterlambatan dalam Pengangkutan
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
(v, 67), pp., bibl., tabl.
Wardah, S.H., M.H., LL.M. Pasal 4 huruf b Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) menyatakan bahwa hak-hak konsumen meliputi hak untuk memilih dan mendapatkan barang dan/atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan. Selanjutnya, Pasal 19 UUPK menyebutkan bahwa pelaku usaha bertanggungjawab dalam memberikan ganti kerugian berupa pengembalian uang dan/atau penggantian barang sesuai ketentuan perundang- undangan. Namun, dalam pelaksanaannya PT. Jasa Rahayu Gumpueng (PT JRG) sebagai perusahaan jasa pelayanan bus kelas non-stop trayek Banda Aceh – Medan masih mengalami keterlambatan ketibaan di kota tujuan, yaitu tidak sesuai dengan apa yang diperjanjikan antara penyedia jasa dengan konsumen dan konsumen tidak
mendapatkan kompensasi apapun.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan bentuk kerugian konsumen Bus PT JRG Kelas Non-Stop yang mengalami keterlambatan dalam pengangkutan, faktor penyebab Bus PT JRG Kelas Non-Stop mengalami keterlambatan, dan pertanggungjawaban yang diberikan oleh PT JRG terhadap konsumen jasa transportasi Bus PT JRG Kelas Non-Stop yang mengalami keterlambatan dalam pengangkutan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian yuridis empiris. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dalam penelitian lapangan berupa hasil wawancara dengan responden serta informan dan memadukan bahan hukum primer seperti peraturan perundang- undangan dan bahan hukum sekunder seperti buku teks, dan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerugian konsumen Bus PT JRG Kelas Non-Stop yang mengalami keterlambatan, yaitu konsumen terlambat tiba pada kegiatan penting di Medan, dan konsumen ketinggalan pesawat menuju kota berikutnya akibat mengalami keterlambatan tiba Bus PT JRG di Medan. Faktor penyebab Bus JRG Kelas Non-Stop mengalami keterlambatan dikarenakan menunggu penumpang yang terlambat tiba di terminal, bus mengalami bocor/pecah ban, terdapat buka tutup ruas jalan, adanya evakuasi kendaraan besar, dan kerusakan pada mesin bus. Pertanggung jawaban yang diberikan oleh PT JRG terhadap konsumen jasa transportasi Bus PT JRG Kelas Non-Stop yang mengalami keterlambatan belum dilaksanakan sebagaimana Pasal 19 UUPK.
Disarankan kepada PT JRG lebih memperhatikan pelayanan ketepatan waktu sesuai dengan yang diperjanjikan. Disarankan sebelum berangkat PT JRG melakukan pengecekan berkala terhadap mesin bus, dan mengingatkan calon konsumen melalui sarana komunikasi seperti menghubungi melalui nomor ponsel atau whatsapp untuk tiba tepat waktu di terminal keberangkatan. Disarankan PT JRG untuk menulis lebih rinci tentang hak dan kewajiban para pihak pada tiket.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENUMPANG AKIBAT WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN ANGKUTAN UMUM TRAYEK BANDA ACEH SIGLI (MUHAMMAD NAUFAL, 2024)
EVALUASI TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PENUMPANG BUS ANUGERAH TRAYEK BANDA ACEH MEDAN (Emil Salim, 2025)
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KERUGIAN YANG DIALAMI PENUMPANG L300 (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (FITA RONAYA, 2023)
TANGGUNG JAWAB MASKAPAI PENERBANGAN RNTERHADAP PENUMPANG YANG DIRUGIKAN RNKARENA KETERLAMBATAN PENERBANGAN RN(SUATU PENELITIAN PADA PT. LION GRUP CABANG BANDA ACEH) (CUT ISRAVIANA RIZQYA, 2022)
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENUMPANG BUS TANPA TIKET APABILA TERJADI KECELAKAAN ATAU KERUGIAN (SUATU PENELITIAN PADA USAHA PENGANGKUTAN UMUM BUS ANTAR PROVINSI DI ACEH) (Cut Balqis, 2020)