Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER CINTA DAMAI DI SD NEGERI 52 BANDA ACEH
Pengarang
Risqa Asyura - Personal Name;
Dosen Pembimbing
M. Husin - 195905271986021002 - Dosen Pembimbing I
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040022
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD (S1)., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Risqa Asyura (2023). Upaya Guru Dalam Menerapkan Nilai Karakter Cinta Damai di SD Negeri 52 Banda Aceh.
Penelitian ini berfokus pada upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai perdamaian dan karakter pada siswa di SD Negeri 52 Banda Aceh, dengan penekanan khusus pada pembentukan karakter. Karakter memainkan peran penting dalam interaksi individu dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Karakter mencakup pengetahuan, sikap, motivasi, tindakan, dan keterampilan. Guru berperan sangat penting dalam membentuk sifat karakter positif pada siswa, mempromosikan perdamaian, toleransi, dan penyelesaian konflik tanpa kekerasan. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam untuk mengeksplorasi bagaimana guru mengimplementasikan dan mengajarkan nilai-nilai perdamaian dan karakter di SD Negeri 52 Banda Aceh. Total lima guru, kepala sekolah, dan siswa dari kelas 4, 5, dan 6 terlibat sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa upaya guru dalam menerapkan nilai karakter perdamaian melibatkan peran sebagai panutan, mempromosikan perilaku positif, dan menghargai keragaman. Mereka membudayakan lingkungan di mana perdamaian dan hubungan yang harmonis ditanamkan. Faktor yang mendorong penerapan nilai karakter perdamaian meliputi keteladanan guru, penguatan perilaku positif, dan penghargaan terhadap beragam pendapat. Integritas dan profesionalisme guru memengaruhi pembentukan karakter siswa. Komitmen mereka terhadap profesi dan interaksi dengan siswa, orang tua, dan rekan sejawat berdampak signifikan pada perkembangan karakter siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Teladan Guru dan Nilai-Nilai Perdamaian.
ABSTRACT The study focuses on efforts by teachers to instill the values of peace and character in students at SD Negeri 52 Banda Aceh, with a specific emphasis on character-building. Character plays a vital role in an individual's interactions within family, school, and society. Character encompasses knowledge, attitudes, motivation, actions, and skills. Teachers play a pivotal role in nurturing positive character traits in students, promoting peace, tolerance, and conflict resolution without violence. Character encompasses knowledge, attitudes, motivation, actions, and skills. Teachers play a pivotal role in nurturing positive character traits in students, promoting peace, tolerance, and conflict resolution without violence. This qualitative research utilized observation, in-depth interviews, to examine how teachers implement and teach the values of peace and character at SD Negeri 52 Banda Aceh. A total of five teachers, the school principal, and students from grades 4, 5, and 6 were involved as research subjects. The study found that teachers' efforts in applying the character value of peace involved acting as role models, promoting positive behavior, and appreciating diversity. They cultivated an environment where peace and harmonious relations were nurtured. Factors encouraging the application of peace character values included teacher role modeling, reinforcement of positive behavior, and x respect for differing opinions. The integrity and professionalism of teachers influenced the formation of students' characters. Their commitment to their profession and interactions with students, parents, and peers significantly impacted character development in students. Keywords: Character Education, Teacher Role Modeling and Peace Value.
UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER CINTA DAMAI DI SD NEGERI 52 BANDA ACEH (Risqa Asyura, 2024)
PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA OLEH GURU SD NEGERI 37 KOTA BANDA ACEH (Rahmad Maulizar, 2015)
USAHA WALI KELAS DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Nita Wiguna, 2017)
PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Sri Nurafifah, 2021)
KENDALA GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (Nurrahmah, 2019)