Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELANGGAN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI KEUANGAN PADA APLIKASI DIGITAL KANTOR POS (PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING)
Pengarang
Roland Bijaksono - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Aliasuddin - 196705111992031002 - Dosen Pembimbing I
Vivi Silvia - 196707241992032003 - Dosen Pembimbing II
Sufriani - 197403192002122001 - Penguji
Sofyan Syahnur - 197005111997021001 - Penguji
Sartiyah - 196610091992032002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2001201010002
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ilmu Ekonomi (S2) / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Ekonomi Pembangunan., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.812
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELANGGAN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI KEUANGAN
PADA APLIKASI DIGITAL KANTOR POS
(PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING)
Oleh : Roland Bijaksono
NPM : 2001201010002
Pembimbing 1 : Dr. Aliasuddin, S.E., M.Si
Pembimbing 2 : Dr. Vivi Silvia, S.E., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu pemilihan aplikasi Pospay di Indonesia. Terdapat empat variabel independen yaitu kegunaan, kemudahan, kepercayaan dan keamanan serta satu variabel dependen yaitu transaksi keuangan. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis penelitian Pospay tersebut dengan menggunakan 410 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan indikator dalam variabel independen (kegunaan, kemudahan, kepercayaan dan keamanan) berpengaruh terhadap variabel dependen (transaksi keuangan). Variabel laten eksogen (kegunaan, kemudahan, kepercayaan dan keamanan) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel laten endogen (transaksi keuangan). Variabel laten eksogen kegunaan dan kepercayaan diterima dikarenakan secara simultan berpengaruh terhadap variabel laten endogen. Variabel laten eksogen kemudahan dan keamanan ditolak dikarenakan secara simultan tidak berpengaruh terhadap variabel laten endogen. Fakta penting yang mempengaruhi pemilihan Pospay yaitu kegunaan dan kepercayaan, sehingga rekomendasi agar Pospay ini semakin banyak digunakan adalah dengan berfokus pada kegunaan aplikasi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada aplikasi.
Kata Kunci : Transaksi Keuangan, Kantor Pos, Kegunaan, Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan, Structural Equation Modeling
ABSTRAK ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CUSTOMERS IN CONDUCTING FINANCIAL TRANSACTIONS IN DIGITAL APPLICATIONS OF POST OFFICE (STRUCTURAL EQUATION MODELING APPROACH) By : Roland Bijaksono NPM : 2001201010002 Supervisor 1 : Dr. Aliasuddin, S.E., M.Si Supervisor 2 : Dr. Vivi Silvia, S.E., M.Si This study analyzes the factors influencing customers in choosing Pospay application in Indonesia. There are four independent variables: utility, facility, credibility, and security, and one dependent variable: financial transactions. Structural Equation Modeling (SEM) was used to analyze the Pospay research using 410 respondents. The results indicate that all indicators in the independent variables (utility, facility, credibility, and security) affect the dependent variable (financial transactions). The exogenous latent variables (utility, facility, credibility, and security) partially demonstrate a significant effect on the endogenous latent variable (financial transactions). The exogenous latent variables of utility and credibility are rejected because they simultaneously affect the endogenous latent variable. Conversely, the exogenous latent variables of facility and security are accepted as they simultaneously do not affect the endogenous latent variable. Important facts that influence customers in choosing Pospay are utility and credibility. Recommendation for Pospay to be used more and more is focus on application utility and increase customer credibility in the application. Keywords : Financial Transaction, Post Office, Utility, Facility, Credibility, Security, Structural Equation Modeling
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN GROCERY SHOPPING TERHADAP CUSTOMER RETENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER ENGAGEMENT PELANGGAN GROCERY STORE BANDA ACEH (Audi Tara, 2024)
PERAN FINANCIAL TECHNOLOGY, DIGITAL FINANCE DAN SOCIAL CAPITAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH ISLAMIC FINANCIAL LITERACY TERHADAP ISLAMIC FINANCIAL INCLUSION DI KOTA BANDA ACEH (Putri Ghina Marla, 2023)
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN PRICE PERCEPTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION PADA PELANGGAN COFFEE SHOP DI BANDA ACEH (M. RAJA KAUTSAR, 2024)
PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PENGGUNA M-BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DI BANDA ACEH (AYU ANISSA FITRI, 2023)
PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN PENGELOLAAN HUBUNGAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN E-COMMERCE DI KOTA BANDA ACEH (FARHANURRIZKA, 2023)