Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @INFOBANDAACEH SEBAGAI MEDIA INFORMASI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
M. Amin Syahputra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rizanna Rosemary - 197505142008012021 - Dosen Pembimbing I
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Dosen Pembimbing II
Nadia Muharman - 198410082014012101 - Penguji
Maini Sartika - 198105012023212017 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1910102010027
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kemajuan dibidang teknologi membuat perkembangan zaman semakin penuh dengan ilmu pengetahuan termasuk dibidang teknologi. Perkembangan teknologi menggunakan internet disebut sebagai new media. Media sosial Instagram merupakan salah satu platform berjaringan internet yang paling banyak digunakan warganet Indonesia sepanjang 2022. Kurangnya informasi tentang Kota Banda Aceh, oleh pemerintah membuat salah satu warga membentuk akun Informasi Kota Banda Aceh pada beberapa platform media sosial termasuk Instagram. Akun Instagram @infobandaaceh dibentuk pada tahun 2016, jumlah follower yang tinggi membuat akun ini dipercaya oleh user Instagram lainnya sebagai media Informasi tentang Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk melihat pemanfaatan akun Instagram @infobandaaceh yang dijadikan sebagai media informasi Kota Banda Aceh oleh pengelola dan penjangkau. Melalui analisis isi kualitatif dengan the circural model of SOME oleh Regina Luttrel, peneliti telah meneliti pemanfaatan akun Instagram @infobandaaceh sebagai media informasi Kota Banda Aceh oleh pengelola dan penjangkau akun yang dilihat berdasarkan share, optimize, manage, engage (SOME). Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan akun Instagram @infobandaaceh oleh pengelola belum menerapkan tahapan engage. Tahapan share, optimize, manage sudah dilakukan dibuktikan dengan banyaknya user Instagram menjangkau Info Banda Aceh, konten memiliki sumber dan feedback yang cepat. Pemanfaatan oleh penjangkau menggunakan fitur Instagram untuk memanfaatkan akun @infobandaaceh, baik sebagai keuntungan secara sosial dan informasi, sehingga akun Instagram @infobandaaceh dapat dijadikan sebagai media informasi yang faktual dan terkini, informasi wisata, kuliner, serta wadah penampungan informasi yang aktif.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Instagram, Media Informasi, The Circural Model of SOME, Kota Banda Aceh.
ABSTRACT Advances in technology have made the times more full of knowledge, including in the field of technology. The development of technology using the internet is referred to as new media. Instagram social media is one of the most widely used internet networked platforms by Indonesian citizens throughout 2022. The lack of information about the city of Banda Aceh, by the government, made one of the citizens form the Banda Aceh City Information account on several social media platforms including Instagram. The @infobandaaceh Instagram account was formed in 2016, the high number of followers made this account trusted by other Instagram users as a medium of information about the city of Banda Aceh. The purpose of this study is to look at the utilisation of the @infobandaaceh Instagram account which is used as a medium for information on the city of Banda Aceh by managers and outreach. Through qualitative content analysis with the circural model of SOME by Regina Luttrel, researchers have examined the utilisation of the @infobandaaceh Instagram account as a medium of information on the City of Banda Aceh by account managers and outreach seen based on share, optimize, manage, engage (SOME). The results showed that the utilisation of the @infobandaaceh Instagram account by the manager has not implemented the engage stage. The share, optimize, manage stages have been carried out as evidenced by the large number of Instagram users reaching out to Info Banda Aceh, the content has a source and fast feedback. Utilisation by outreach uses Instagram features to take advantage of the @infobandaaceh account, both as a social and informational advantage, so that the @infobandaaceh Instagram account can be used as a factual and up-to-date information media, tourist information, culinary, and an active information storage container. Keywords: Utilization, Instagram, Information Media, The Circural Model Of SOME, Banda Aceh City.
PENGARUH PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @ILLIZA_SAADUDDIN TERHADAP PERSONAL BRANDING ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL WALIKOTA BANDA ACEH (Zahrina Azhar, 2018)
PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA DI ACEH (STUDI PADA KOMUNITAS ONLINE @FOTOACEH) (Said Badruzzaman, 2020)
PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGENAI AKUN INSTAGRAM @SIBERKREASI DALAM MENCEGAH PENYEBARAN INFORMASI HOAKS (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (SYAFIRA AUDI, 2024)
PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DIANWIDAYANTI TERHADAP HALAL AWARENESS (STUDI PADA PENGIKUT INSTAGRAM @DIANWIDAYANTI) (Cindi Antika, 2024)
REPRESENTASI DIRI REMAJA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (HENDY HARNIO PRATAMA, 2019)