IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN TERNAK UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA PAUD CINTA ANANDA DI GAMPONG PINEUNG BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN TERNAK UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA PAUD CINTA ANANDA DI GAMPONG PINEUNG BANDA ACEH


Pengarang

TAUFIQ KURRAHMAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Fardian - 197901022003121004 - Dosen Pembimbing I
Afdhal - 197907062005011001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1704111010018

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Komputer (S1) / PDDIKTI : 56202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik Elektro dan Komputer., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perkembangan teknologi pada saat ini menyebabkan anak-anak mendapatkan
kemudahan akses penggunaan gadget, hal ini menjadikan anak lebih gemar bermain
dengan gadget dibandingkan belajar. Hal ini menimbulkan pemikiran penulis untuk
menggabungkan teknologi dan pendidikan menggunakan gadget. Media
pendidikan dengan gadged menggunakan augmented reality sebagai metode
penggabungannya. Augmented reality adalah penggabungan objek dunia maya
dengan dunia nyata secara realtime. Penelitian ini menggunakan metode
pengembangan dengan tahapan analisis, perancangan, pembuatan, dan pengujian
aplikasi. Subjek penelitian adalah guru PAUD Cinta Ananda Gampong Pineung
Banda Aceh. Adapun hasil penelitian adalah terbangunnya aplikasi belajar
mengenal hewan ternak berbasis augmented reality. Pada pengujian blackbox
testing didapati bahwa fitur aplikasi dapat berjalan semestinya. Pada pengujian
usability testing seluruh fitur dapat dengan mudah digunakan oleh user. Dan pada
pengujian system usability score mendapatkan hasil 76,42 bernilai B (Bagus).
Kata kunci: Teknologi, Pendidikan, Augmented Reality, PAUD.

Current technological developments have resulted in children having easy access to use gadgets, this makes children more fond of playing with gadgets than studying. This gave rise to the author's idea of combining technology and education using gadgets. Gadged educational media uses augmented reality as a combination method. Augmented reality is a combination of virtual world objects with the real world in real time. This research uses a development method with stages of analysis, design, creation and application testing. The research subject was the PAUD teacher Cinta Ananda Gampong Pineung Banda Aceh. The results of the research are the development of an application for learning to recognize livestock animals based on augmented reality. In blackbox testing it was found that the application features could work properly. In usability testing, all features can be easily used by users. And in testing the system usability score, we got a result of 76.42 with a value of B (Good). Keywords: Technology, Education, Augmented Reality, PAUD.

Citation



    SERVICES DESK