Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH TINGKAT KECEPATAN TERHADAP KARAKTERISTIK GAS BUANG KENDARAAN DENGAN BAHAN BAKAR BIOETANOL
Pengarang
Muhammad Kamal - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0041211095
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Mesin (S1) / PDDIKTI : 21201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2007
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Salah satu alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada impor premium ialah dengan mencampurkan bioetanol yang merupakan energi terbarukan pada premium dengan konsentrasi tertentu. Mengingat kebutuhan premium terus meningkat, sedangkan produksi dari tahun ke tahun cenderung menurun, maka dapat diperkirakan bahwa dimasa mendatang impor premium ini akan terus meningkat. Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan eksperimen pada kendaraan roda-2 dengan menggunakan bahan bakar bioetanol, bensin dan BE-10 yang diuji berdasarkan perbedaan tingkat kecepatan yang dilcatagorikan ke dalam 3 mode (idle mode, cruising mode, highway mode). Pengujian dilakukan dengan cara menampung emisi gas buang kendaraan kemudian dimasukkan ke dalam alat penghitung karakteristik emisi, Madur GA-21 plus. Pada akhirnya didapat pengaruh tingkat kecepatan yang berbeda menghasilkan emisi yang bervariasi pula. Bensin mengalami kenaikan persentase emisi gas buang pada saat cruising mode, namun BE-10 mengalami tingginya emisi pada saat kendaraan berhenti atau idle mode. Bioetanol menghasilkan emisi yang ramah lingkungan, dan tidak mengalami kenaikan dan penurunan yang begitu drastis pada variasi tingkat kecepatan. Bioetanol mampu menurunkan emisi berbahaya sebanyak 35-50% dibandingkan dengan bensin.
Kata kunci: Bioetanol, bensin, BE-10, emisi gas buang, tingkat kecepatan kendaraan.
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISA EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BENSIN DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR BIOETANOL (Rahmat, 2025)
PENGARUH EMISI GAS BUANG BEBERAPA KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP LINGKUNGAN (Fahlaivi, 2024)
ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDERAAN (BOK) SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA DI KOTA BANDA ACEH (Ayatullah, 2017)
ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDERAAN (BOK) SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PENGGUNA DI KOTA BANDA ACEH (Ayatullah, 2017)
KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBANDINGAN OKSIGEN-BAHAN BAKAR TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BERBAHAN BAKAR LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS) (MAIMUN, 2016)