Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ALTERNATIF PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG PADA JEMBATAN COT IJUE KABUPATEN BIREUEN
Pengarang
Khairunnisak - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0104101020077
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2008
Bahasa
Indonesia
No Classification
624.284
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendapatkan suatu alternatif perencanaan pondasi tiang pancang pada Jembatan Cot Ijue yang terletak di Kabupaten Bireuen. Dibangunnya jembatan Cot ljue ini tujuannya untuk memperlancar arus lalu lintas dan diperlebarnya jalan schingga perekonomian didaerah tersebut berjalan dengan lancar. Bangunan atas merupakan beton bertulang dengan panjang bentang H meter dengan lebar jembatan lama 8 meter yang terdiri dari lebar lantai kendaraan 7 meter serta lebar masing-masing trotoar 0,4 meter. Sedangkan untuk pelebaran konstruksi jembatan yang baru dengan penambahan lebar 4 meter. Data yang dipakal dalam penulisan ini, yaitu data sekunder berupa data gambar rencana jembatan dan data penyelidikan tanah yaitu data sondir serta data pendukung lainnya. Metode yang dipakai untuk perhitungan diambil dari teori yang berkaitan dengan tiang pancang. Pada penulisan ini merencanakan panjang tiang berbeda karena altematif I pada kedalaman 9 m dan pada alternatif II kedalaman 10 m. Dari hasil perhitungan didapat daya dukung vertikal kelompok tiang untuk altematif I sebesar 3939,472 ton, dan untuk alternatif II sebesar 4661,724 ton lebih besar yang diizinkan yaitu sebesar 521,4972 ton. Besamya daya dukung horizontal kelompok Liang untuk alternatif I sebesar 32,805 ton, dan untuk altematif II sebesar 40,5 ton, lebih besar dari daya dukung izin sebesar 17,195 ton. Jumlah tiang pancang yang cligunakan sebanyak 6 buah bcrbcntuk lingkaran 35 cm pada kcdalamau tiang 9 meter dan 10 meter. Hasil perhitungan untuk tinjauan stabilisasi abutment pada koefisien guling 1,86 dan koefisien geser 6,20 lebih besar dari faktor keamanannya sebesar 1,5. Penurunan tiang di bawah abutment adalah pada alternatif I 2,51 cm dan pada altematif II sebesar 2,52 cm lebih kecil dari yang disyaratkan 2,54 cm. Dengan demikian perencanaan ini memenuhi persyaratan yang harus clipenuhi dalam perancangan suatu pondasi tiang pancang (aman), yaitu stabilitas terhadap penggulingan, pergeseran dan penurunan.
Tidak Tersedia Deskripsi
ALTERNATIF PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG PENAMPANG LINGKARAN PADA PELEBARAN JEMBATAN COT IJUE KABUPATEN ACEH UTARA (MIZA IRANTONI, 2024)
ALTERNATIF PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG PADA JEMBATAN LAM TEUNGOH KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Zaki, 2024)
ANALISIS PERBANDINGAN KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG BOR DAN TIANG PANCANG PADA JEMBATAN ALUE BAKAU I KOTA LANGSA (NURUL AMELIA NANDA, 2024)
KAJIAN DAYA DUKUNG PONDASI MENGGUNAKAN METODE LUCIANO DECOURT DAN PENURUNAN PONDASI MENGGUNAKAN METODE VESIC (STUDI KASUS: JEMBATAN LUAN LINGGI, KABUPATEN SIMEULUE) (Cut Sitti Rafidatul Hildayani, 2023)
TINJAUAN PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG PADA JEMBATAN LUENG IE SIBREH KABUPATEN ACEH BESAR (KAMAL SURYA ADMAJA, 2023)