Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH
Pengarang
Zikrayanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006102030015
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.36
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran, Team Games Tournament
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 5 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Turnamen dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran seni tari? Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dalam pembelajaran seni tari di kelas XII IPS 2 sman 5 banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative teams games tournaments dalam pembelajaran seni tari kelas XII IPS 2 di SMAN 5 Banda Aceh. Penelitian dilakukan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain praeksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, angket respon siswa, dan soal tes. Setelah data terkumpul maka selanjutnya data ini diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir (posttest). Sebelum penerapan model pembelajaran, ada dua siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 12,15%. Setelah tindakan pembelajaran menunjukkan 12 orang siswa mencapai ketuntasan mencapai 75%. Keberhasilan juga dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa yang mencapai 100%. Kesimpulan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sangat baik diterapkan dalam pembelajaran seni tari karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI SENI TARI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Khairun Nisa, 2024)
THE USE OF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TO IMPROVE SPEAKING SKILL FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Kiki agustina, 2021)
TEACHING SPEAKING BY USING TEAMS- GAMES-TOURNAME NTS (TGT) FOR SECOND YEAR STUD ENTS OF JUNI OR HIGH SCHOOL (Feradina Rahmayanti, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM JPS GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Aidha Auliani, 2021)
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIVEMENT DIVISIONDENGAN BERBANTUAN MEDIA SPINNING QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Fachrurrazi Siregar, 2022)