Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM DI TK NEGERI 16 SAMATIGA ACEH BARAT
Pengarang
LIA NAZLIAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Israwati - 195908261987032002 - Dosen Pembimbing I
Sitti Muliya Rizka - 198907192019032022 - Dosen Pembimbing II
Siti Naila Fauzia - 198910302019032012 - Penguji
Suhartati - 197410211999032001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906104210036
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PG-PAUD., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kecerdasan Interpersonal adalah suatu kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang orang lain, yaitu mampu berkomunikasi dengan orang lain dan membangun hubungan dengan orang lain. Model pembelajaran sentra bahan alam adalah sentra yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memperluas pengalaman bermain untuk mengembangkan kecerdasan dan seluruh aspek perkembangannya melalui bereksplorasi dengan berbagai bahan alam sekitar, baik menggunakan bahan kering maupun bahan cair. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Negeri 16 Samatiga melalui model pembelajaran sentra bahan alam. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelompok B pada TK Negeri 16 Samatiga. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpula data dilakukan melalui teknik observasi dengan indikator keberhasilan 80% atau anak sudah mendapat kategori BSH dan BSB pada setiap aspek yang diamati dan dinilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak pada siklus III pertemuan II mencapai rata-rata 100% (BSB). Dari hasil penelitian yang sudah diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran sentra bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Negeri 16 Samatiga. Disarankan model pembelajaran sentra bahan alam ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
Interpersonal Intelligence is an intelligence possessed by a person in interacting with other people, namely being able to communicate with other people and build relationships with other people. The natural materials center learning model is a center that provides opportunities for children to expand their playing experience to develop intelligence and all aspects of their development through exploring various natural materials around them, using both dry and liquid materials. This research aims to improve children's interpersonal intelligence at Kindergarten 16 Samatiga through a natural materials center learning model. The subjects in this research were children aged 5-6 years who were in group B at TK Negeri 16 Samatiga. The research method used is the class action research method. Data collection is carried out through observation techniques with a success indicator of 80% or the child has received the (BSH) and (BSB) categories in every aspect observed and measured. The results showed that children's interpersonal intelligence in cycle III, meeting II reached an average of 100% (BSB). From the research results obtained, it can be concluded that the natural materials center learning model can improve children's interpersonal intelligence at Kindergarten 16 Samatiga. It is recommended that this natural materials center learning model can be applied in the learning process to improve children's interpersonal intelligence.
PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA PAUD TERPADU DHARMA WANITA KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Yunisari, 2016)
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA IBU DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Winda Sari, 2016)
STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA BAHAN ALAM DI TK NEGERI 11 SAMATIGA, KABUPATEN ACEH BARAT (MARWAH ULFAH NURA, 2024)
PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI PAUD BUNGONG JEUMPA ACEH SELATAN (RIKA FAZILA, 2022)
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA TK BUNGA MEKAR KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (Winda Sari, 2016)