Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN DI KELAS IV SDN RANTO PANYANG 1 MEUREUBO
Pengarang
Lindawati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
M. Husin - 195905271986021002 - Dosen Pembimbing I
Aida Fitri - 197510132005012001 - Dosen Pembimbing II
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji
Tursinawati - 198312122015042001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906104040016
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Model pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Audio Visual adalah sebuah model yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam penguasaan materi pembelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal dengan dibantu oleh media audio visual agar meteri yang disampaikan dengan jelas kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS setelah diterapkan model pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman di Kelas IV Ranto Panyang Meureubo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang terdiri dari 1 kali pertemuan untuk membelajarkan materi,1 kali pertemuan untuk melaksanakan evaluasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Ranto Panyang 1 Meureubo Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang yaitu yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis diperoleh bahwa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 76,83 dan siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran sebanyak 20 siswa (66,67%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (33,33%). Pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 84,5 dan siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (86,67%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (13,33%). Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 69 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa.
This research aims to improve social studies learning outcomes after implementing the Jigsaw learning model assisted by Audio Visual Media to improve student learning outcomes in diversity material in Class IV Ranto Panyang Meureubo in 2022/2023. This research is a type of classroom action research carried out in two cycles and in Each cycle consists of 4 stages, namely planning, action, observation/evaluation, and reflection. Each cycle is carried out in 2 meetings consisting of 1 meeting to teach the material, 1 meeting to carry out evaluation. The research subjects were 30 grade IV students at SD Negeri Ranto Panyang 1 Meureubo for the 2022/2023 academic year, consisting of 10 male students and 20 female students. The instrument used in this research is an observation sheet to determine teacher and student activities during the learning process and test learning outcomes. From the results of the analysis, it was found that in cycle I the average score obtained by students was 76.83 and 20 students (66.67%) completed the learning process and 10 students (33.33%) did not complete. . In cycle II the average score obtained by students was 84.5 and 26 students who completed it (86.67%) and 4 students who did not complete it (13.33%). Student activity increased from cycle I to cycle II. This can be seen from the average score in cycle I which was obtained at 69 and in cycle II obtained an average score of 87.5%. Based on these results, the application of the jigsaw type cooperative learning model assisted by audio-visual media can increase teacher and student activity in learning as well as student learning outcomes.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SBDP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KOLASE DI KELAS IV SD NEGERI RANTO PANYANG II ACEH BARAT (YUMNA HUDA, 2021)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN RANTO PANYANG II (FEBRI SATRIA, 2021)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTSN 4 BANDA ACEH (Satria Andika, 2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (Muhammad Jamil, 2022)