Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 5 BANDA ACEH.
Pengarang
SITI NURAISYAH HARAHAP - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sakdiyah - 196412311992032011 - Dosen Pembimbing I
Nazaruddin - 197506172008121002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906101030022
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Ekonomi., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Abstrak :
Siti Nuraisyah Harahap (2023). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Banda Aceh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media question cards dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media question cards dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental Reasearch dengan desain Posttest-only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 5 Banda Aceh yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dan kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji Indepndent Sample T-Test untuk sampel tidak berpasangan.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dari 28 siswa, 10 siswa berada pada kriteria tuntas dan 18 siswa pada kriteria tidak tuntas. Sedangkan hasil belajar pada kelas eksperimen dari 31 siswa, 26 siswa berada pada kriteria tuntas dan 5 siswa pada kriteria tidak tuntas. Sealnjutnya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan media question cards dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak Ha diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Question Cards, Konvensional, Perbandingan, Hasil Belajar.
Abstract : Siti Nuraisyah Harahap (2023). Comparison of Student Learning Outcomes Taught with Problem Based Learning and Conventional Learning Models in Economics Subjects at SMAN 5 Banda Aceh. This study aims to determine the learning outcomes of students taught with a problem-based learning model assisted by question cards media and the learning outcomes of students taught with conventional learning models and to determine the difference in learning outcomes of students taught with a problem-based learning model assisted by question cards media and the learning outcomes of students taught with conventional learning models. This study uses a quantitative approach and type of research Quasi Experimental Reasearch with Posttest-only control design. The population in this study were all students of class X IPS SMAN 5 Banda Aceh consisting of 4 classes totaling 120 students. The sample in this study were students of class X IPS 3 as a control class totaling 28 students and class X IPS 4 as an experimental class totaling 31 students. Data collection techniques in this study in the form of test questions. The data analysis techniques used in this study were normality test, homogeneity test, Indepndent Sample T-Test test for unpaired samples. Based on the results of the study, it shows that the learning outcomes of students in the control class of 28 students, 10 students are in the complete criteria and 18 students are in the incomplete criteria. While the learning outcomes in the experimental class of 31 students, 26 students were at the completion criteria and 5 students were at the incomplete criteria. Furthermore, there are differences in the learning outcomes of students who use problem-based learning models assisted by question card media with those who use conventional learning models. This is shown from the results of the independent sample t-test test with a sig value. (2-tailed) of 0.000
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)
PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yuiska Kurnia Maifi, 2015)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Aulia Purma Irawan, 2023)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)