KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU SMA NEGERI 15 BANDA ACEH DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU SMA NEGERI 15 BANDA ACEH DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA


Pengarang

Putri Indah Seruni - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alfi Syahril Fuadi Jaya - 197807102005011004 - Dosen Pembimbing I
Ismail - 197507062006041007 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906101030033

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Ekonomi., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Putri Indah Seruni (2023). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru SMA Negeri 15 Banda Aceh Dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru SMA Negeri 15 Banda Aceh dalam mengimplementasi kurikulum merdeka dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru bidang ekonomi di SMA Negeri 15 Banda Aceh dengan objek dari penelitian ini adalah kendala-kendala yang dihadapi guru SMA Negeri 15 Banda Aceh dalam mengimplementasi kurikulum merdeka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya tiga kendala yang terjadi ketika mengimplementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 15 Banda Aceh dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Tiga (3) kendala yakni, kendala pertama adalah kesulitan dalam perancangan modul projek, kendala kedua adalah keterbatasan waktu dalam penerapan pembelajaran diferensiasi dan kendala ketiga adalah dalam menyiapkan administrasi pembelajaran. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut ada tiga (3) solusi yaitu: solusi pertama yaitu mengunjungi atau melihat platform merdeka mengajar yang disediakan oleh pemerintah terkait kurikulum merdeka, solusi kedua yaitu melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa. Solusi terakhir adalah mengikuti workshop.

Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Kendala, Solusi.

ABSTRACT Putri Indah Seruni (2023). The Obstacles Presented By Teachers Of SMA Negeri 15 Banda Aceh in Implementing the Free Curriculum. This research aims to find out the obstacles faced by SMA Negeri 15 Banda Aceh teachers in implementing the independent curriculum and solutions to overcome these obstacles. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The subjects of this research are the principal, vice principal of curriculum and economics teachers at SMA Negeri 15 Banda Aceh with the object of this research are the obstacles faced by SMA Negeri 15 Banda Aceh teachers in implementing the independent curriculum. Data collection was carried out by conducting observations, interviews and documentation. The results of this study state that there are three obstacles that occur when implementing an independent curriculum at SMA Negeri 15 Banda Aceh and solutions to overcome these obstacles. Three (3) obstacles, namely, the first obstacle is the difficulty in designing project modules, the second obstacle is the limited time in implementing differentiated learning and the third obstacle is in preparing learning administration. There are three (3) solutions to overcome these obstacles, namely: the first solution is to visit or see the independent teaching platform provided by the government regarding the independent curriculum, the second solution is to map student learning needs. The last solution is to attend workshops. Keywords: Independent Curriculum, Obstacles, Solutions.

Citation



    SERVICES DESK