Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI PERAWATAN INTENSIF TERPADU DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
Pengarang
CUT SALWA NAFISA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Fachrul Jamal - 196105101988121001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2007101010117
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kebanyakan pasien tidak dapat mengambil keputusan yang menyangkut perawatan mereka sendiri karena derajat keparahan penyakit, tingkat kesadaran, dan dalam kondisi ventilator. Hal demikian menyebabkan survei kepuasan pasien di ruang perawatan intensif menjadi kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan keluarga pasien terhadap kualitas pelayanan di instalasi perawatan intensif terpadu Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada bulan Januari sampai dengan Juni tahun 2023. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh keluarga yang bertanggung jawab terhadap pasien yang dirawat di instalasi perawatan intensif terpadu RSUD dr. Zainoel Abidin. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan pertimbangan sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic deskriptif distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar keluarga pasien di Instalasi Perawatan Intensif Terpadu RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh merasa puas dengan dimensi tampilan fisik (92.20%), kehandalan (87.90%), ketanggapan (94.80%), jaminan (86.20%), dan empati (84.50%) dalam kualitas pelayanan. Kesimpulan, sebagian besar keluarga pasien di Instalasi Perawatan Intensif Terpadu RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh merasa puas dengan kualitas pelayanan. Namun, ada beberapa area yang perlu ditingkatkan, seperti kenyamanan ruang tunggu, komunikasi informasi yang lebih baik, kepastian perawatan, dan interaksi lebih baik antara petugas kesehatan dan keluarga pasien.
Kata Kunci: Instalasi Perawatan Intensif, Kepuasan Keluarga Pasien, Kualitas Pelayanan
Most patients are unable to make decisions regarding their own care due to the severity of the illness, level of consciousness, and being on a ventilator. This causes patient satisfaction surveys in the intensive care room to be less than optimal. The purpose of this study was to analyze the satisfaction of patients' families with the quality of service in the integrated intensive care installation of dr. Zainoel Abidin Regional General Hospital Banda Aceh. The type of research used is descriptive quantitative. This research was conducted at RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh from January to June 2023. The population in this study is the entire family responsible for patients treated at the integrated intensive care installation of RSUD dr. Zainoel Abidin. The sampling technique in this study is purposive sampling with consideration of samples that meet the inclusion criteria. The data analysis technique used in this study is descriptive statistics of frequency distribution. The results showed that most of the patients' families at the Integrated Intensive Care Installation of RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh were satisfied with the dimensions of physical appearance (92.20%), reliability (87.90%), responsiveness (94.80%), assurance (86.20%), and empathy (84.50%) in service quality. In conclusion, most of the families of patients at the Integrated Intensive Care Installation of RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh are satisfied with the quality of service. However, there are some areas that need improvement, such as waiting room comfort, better information communication, certainty of care, and better interaction between health workers and patients' families. Keywords: intensive care installation, family satisfaction, quality of service
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI DEPO FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (MASYITAH ISNAINI, 2022)
HUBUNGAN KUALITAS INFORMED CONSENT TINDAKAN BEDAH DITINJAU DARI ETIKA DAN MEDIKOLEGAL DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN. (PUTRA SAFANA, 2020)
HUBUNGAN PROSEDUR PEMBIAYAAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKATRNKEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN. (Putri Agustia, 2023)
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN POLIKLINIK BEDAH RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2010 (Fitria nur maulida, 2023)
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PASIEN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN BADAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2006 (Annas, 2021)