Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Banda Aceh
Pengarang
Nazlina - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906101040029
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci : Penggunaan, Media, puzzle, Geografi
Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu guru untuk menyampaikan tujuan pembelajaran geografi sehingga dapat memudahkan para peserta didik dalam berimajinasi, memahami, serta menguasai konsep materi yang disampaikan dan dapat memotivasi siswa dalam kegiatan belajar. Media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran geografi sangat diperlukan. Salah satunya dengan bentuk permainan. Permainan yang ada beragam bentuknya, salah satunya permainan tebak-tebakan, merangkai susunan. Permainan inilah yang disebut dengan istilah puzzle. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII terhadap pelajaran IPS Geografi melalui penggunaan media Puzzle, aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan media Puzzle, kemampuan guru dalam mengelola kelas pada saat pembelajaran berlangsung, respon siswa dalam pemanfataan media Puzzle guna meningkatkan hasil belajar IPS Geografi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistic deskrptif persentase. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Banda Aceh, Aktivitas guru dan siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan, Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, Penggunaan media puzzle selama proses pembelajaran mendapat respon positif dari siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (Rina Afdilla, 2025)
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 SABANG (Siska Mulia Rahmah, 2023)
PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 2 KELAS III SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Nia Sabrina, 2019)
PENGEMBANGAN MEDIA EMOJI PUZZLE CARD PADA PEMBELAJARAN SEJARAH (Nia Murlina, 2023)
PENERAPAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 27 BANDA ACEH. (Deli Mauliza, 2024)