STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI ARUN KOTA LHOKSEUMAWE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI ARUN KOTA LHOKSEUMAWE


Pengarang

RAHMI MAULIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040085

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat baca pada peserta didik di perpustakaan SD Arun Kota Lhokseumawe. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV , V, dan VI SD serta objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV,V dan VI SD Negeri Arun kota Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan SD Negeri Arun adalah dengan merancang pembelajaran yang mendorong siswa untuk membaca di perpustakaan; memberikan tugas literasi yang dilakukan di dalam ruang perpustakaan; memberikan apresiasi kepada siswa yang sering mengunjungi perpustakaan dan yang sering meminjam buku; menciptakan lingkungan perpustakaan yang nyaman; meningkatkan koleksi bahan bacaan; membuat peraturan; dan menjalankan program literasi sekolah.
Kata Kunci: strategi guru, minat baca siswa.

Abstract: This study aims to find out how the teacher's strategy is in increasing students' interest in reading at the SD Arun library, Lhokseumawe City. This research approach uses a qualitative approach to the type of descriptive research. The subjects in this study were teachers of grades IV, V and VI of SD and the objects of this study were students of grades IV, V and VI of SD Negeri Arun Lhokseumawe. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. The data analysis technique was carried out with the stages of data reduction, data display and drawing conclusions. Based on the results of the study it can be concluded that the teacher's strategy in increasing students' reading interest in the library of SD Negeri Arun is to design learning that encourages students to read in the library; giving literacy assignments that are carried out in the library room; give appreciation to students who often visit the library and who often borrow books; creating a comfortable library environment; increase the collection of reading materials; make rules; and running a school literacy program. Keywords: teacher's strategy, students' interest in reading.

Citation



    SERVICES DESK