PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER


Pengarang

Drs. Abubakar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160053

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : prog. studi magister pendidikan matematika., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran
matematika sangat penting seperti yang dituangkan dalam kurikulum KTSP (2006) dan
dipertegas dalam kurikulum Implementasi 2013. Penggunaan model pembelajaran tipe
Numbered Head Together diharapkan dapat mencapai tujuan tersebut. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together, mengetahui ada tidaknya korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman
dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran model kooperatif tipe
Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan eksperimen semu, populasi siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sakti,
Kabupaten Pidie, sampel dipilih ecara acak sebanyak dua kelas yaitu: kelas X MIA1
sebagai kelas ekspetimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Data yang
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman dan angket
diposisi matematis. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji anava satu arah.
Setelah data diolah dan dianalisis diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Peningkatan
kemampuan pemahaman yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran model
kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dari yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional, (2) peningkatan disposisi matematis siswa yang diajarkan
dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together
lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajan konvensional, (3) Terdapat
korelasi positif antara peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan
peningkatan disposisi matematis siswa.
Kata kunci: Kemampuan pemahaman matematis, disposisi matematis model kooperatif,
tipe Numbered Head Together.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK