GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM MEMOTIVASI KARYAWAN (STUDI PADA KARYA MEDIA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM MEMOTIVASI KARYAWAN (STUDI PADA KARYA MEDIA)


Pengarang

HUSNA KHAIRUNNISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hamdani M. Syam - 197808162008011012 - Dosen Pembimbing I
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Dosen Pembimbing II
Uswatun Nisa - 199107202022032012 - Penguji
Nisa Ul Hikmah - 199211192021022101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1610102010020

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kebutuhan akan konten media sosial memunculkan satu bisnis atau biasa disebut dengan start-up yang menyediakan layanan jasa membuat konten, iklan atau informasi branding untuk tokoh publik, usaha bisnis maupun instansi yang membutuhkannya, salah satunya adalah Karya Media. Karya Media ialah perusahaan yang baru berdiri selama 2 tahun namun sudah mampu berkembang pesat dengan menjalin banyak kerjasama dengan berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gaya komunikasi pimpinan dalam memotivasi kerja karyawan tim Karya Media. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori kepemimpinan Watkins, dengan berfokus pada 3 instrumen pendekatan Sifat, Pendekatan Gaya, dan Pendekatan Kontingensi juga faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 CEO perusahaan dan 4 co-founder Karya Media. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dari pemimpin di Karya Media menyesuaikan dengan situasi dan kondisi anggota saat itu namun lebih condong pada Gaya participant leader dan supportive leader. Faktor yang mempengaruhi motivasi karyawan dalam bekerja terdapat dua faktor yaitu faktor ekstern dan intern. Kedua faktor ini sudah dipenuhi oleh pemimpin yang membuat para anggota/karyawan termotivasi selama bekerja di Karya Media.
Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Pimpinan, Motivasi, Karya Media

The need for social media content has given rise to a business or what is usually called a start-up which provides services creating content, advertising or branding information for public figures, business ventures or agencies that need it, one of which is Karya Media. Karya Media is a company that has only been established for 2 years but has been able to develop rapidly by establishing many collaborations with various parties. This research aims to see how the leadership's communication style motivates the work of Karya Media team employees. The theory used in this research is Watkins' leadership theory, focusing on 3 instruments: the Trait Approach, Style Approach, and Contingency Approach as well as factors that influence work motivation. This research uses a qualitative descriptive method using interviews and documentation as data collection methods. The informants for this research were 5 people consisting of 1 company CEO and 4 Karya Media co-founders. The results of this research are that the leadership style of leaders at Karya Media adapts to the situation and conditions of the members at that time but is more inclined towards participant leader and supportive leader styles. There are two factors that influence employee motivation at work, namely external and internal factors. These two factors have been fulfilled by the leader which keeps members/employees motivated while working at Karya Media. Keywords: Communication Style, Leadership, Motivation, Karya Media

Citation



    SERVICES DESK