HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR KOREAN WAVE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR KOREAN WAVE


Pengarang

Nibraas Faadiyah Suhana - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Eka Dian Aprilia - 198404082015042002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1907101130034

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Psikologi., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Korean Wave merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan penyebaran produk kebudayaan Korea Selatan. Tersebarnya budaya korea membuat individu tertarik untuk mencari tau lebih mendalam segala hal tentang idola favoritnya, hal ini disebut dengan celebrity worship. Ketertarikan individu terhadap idolanya mengarahkan pada timbulnya perilaku ingin menjadi sama dengan selebriti idolanya, perilaku tersebut mengarahkan penggemar untuk melakukan impulsive buying pada produk yang digunakan idolanya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan celebrity worship dengan impulsive buying pada dewasa awal penggemar Korean Wave. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 193 dewasa awal (18-25 tahun) penggemar Korean Wave. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala Impulsive Buying Tandency Scale (IBTS) dan Celebrity Attitude Scale (CAS). Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan Pearson Product-Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dengan tingkat korelasi sedang antara entertainment social dengan impulsive buying dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,444 dan nilai signifikansi (p) = 0,000 (p

Korean Wave is a term used to describe the spread of South Korean cultural products. The spread of Korean culture makes individuals interested in finding out more about everything about their favorite idols, this is called celebrity worship. Individual interest in their idols leads to the emergence of behavior of wanting to be the same as their idol celebrities, this behavior leads fans to make impulsive buying on products used by their idols. The purpose of this study is to determine the relationship between celebrity worship and impulsive buying in early adult Korean Wave fans. This study uses a quantitative research design with a correlation method. The sampling technique in this study used a non-probability sampling method with accidental sampling technique with a total sample size of 193 early adults (18-25 years old) Korean Wave fans. Data collection was carried out using the Impulsive Buying Tandency Scale (IBTS) and Celebrity Attitude Scale (CAS) scale instruments. The hypothesis in this study was tested using Pearson Product-Moment Correlation. The results showed that there is a positive relationship with a moderate level of correlation between entertainment social and impulsive buying with a correlation coefficient value (r) = 0.444 and a significance value (p) = 0.000 (p

Citation



    SERVICES DESK