Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR KOREAN WAVE
Pengarang
Nibraas Faadiyah Suhana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Eka Dian Aprilia - 198404082015042002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1907101130034
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Psikologi., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Korean Wave merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan penyebaran produk kebudayaan Korea Selatan. Tersebarnya budaya korea membuat individu tertarik untuk mencari tau lebih mendalam segala hal tentang idola favoritnya, hal ini disebut dengan celebrity worship. Ketertarikan individu terhadap idolanya mengarahkan pada timbulnya perilaku ingin menjadi sama dengan selebriti idolanya, perilaku tersebut mengarahkan penggemar untuk melakukan impulsive buying pada produk yang digunakan idolanya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan celebrity worship dengan impulsive buying pada dewasa awal penggemar Korean Wave. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 193 dewasa awal (18-25 tahun) penggemar Korean Wave. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala Impulsive Buying Tandency Scale (IBTS) dan Celebrity Attitude Scale (CAS). Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan Pearson Product-Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dengan tingkat korelasi sedang antara entertainment social dengan impulsive buying dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,444 dan nilai signifikansi (p) = 0,000 (p
Korean Wave is a term used to describe the spread of South Korean cultural products. The spread of Korean culture makes individuals interested in finding out more about everything about their favorite idols, this is called celebrity worship. Individual interest in their idols leads to the emergence of behavior of wanting to be the same as their idol celebrities, this behavior leads fans to make impulsive buying on products used by their idols. The purpose of this study is to determine the relationship between celebrity worship and impulsive buying in early adult Korean Wave fans. This study uses a quantitative research design with a correlation method. The sampling technique in this study used a non-probability sampling method with accidental sampling technique with a total sample size of 193 early adults (18-25 years old) Korean Wave fans. Data collection was carried out using the Impulsive Buying Tandency Scale (IBTS) and Celebrity Attitude Scale (CAS) scale instruments. The hypothesis in this study was tested using Pearson Product-Moment Correlation. The results showed that there is a positive relationship with a moderate level of correlation between entertainment social and impulsive buying with a correlation coefficient value (r) = 0.444 and a significance value (p) = 0.000 (p
PERAN MODERASI KOREAN WAVE TERHADAP HUBUNGAN KOREAN CELEBRITY BRAND AMBASSADOR DAN REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE PADA ONLINE MARKETPLACE BLIBLI DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Lianda, 2025)
TINGKAT PEMUJAAN SELEBRITI PADA KOMUNITAS PENGGEMAR K-POP BTS ARMY DAN EXOL ACEH (Alissa Maulida, 2020)
HUBUNGAN MINDFULNESS DAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL YANG MELAKUKAN BELANJA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 (FARAH SALISA, 2022)
TERPAAN KOREAN WAVE TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA KOREA OLEH PENGGEMAR K-POP REMAJA DI KOTARNBANDA ACEH (Fajrina Rizqika, 2023)
PENGARUH DAYA TARIK VISUAL DAN TEMAN BELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PRODUK SKINCARE MELALUI SHOPEE YANG DIMEDIASI OLEH PENJELAJAHAN HEDONIS RNDI KOTA BANDA ACEH (Intan Quratul Aini, 2023)