HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR


Pengarang

Khairul Rijal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1107101010190

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

612.65

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur serta fungsi tubuh yang lebih kompleks sebagai suatu proses pematangan yang dicapai oleh anak. Anak pada masa prasekolah merupakan landasan penting yang akan mempengaruhi perkembangan anak pada masa-masa selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi, stimulasi, pengetahuan ibu serta sosial ekonomi orang tua dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun di TK Bunda Kandung Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 47 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 55% anak yang memiliki perkembangan normal dan 45% memiliki perkembangan dicurigai. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square (CI 95%) menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi (p= 0,043), stimulasi (p= 0,003 ) dan pengetahuan ibu (p= 0,000) dengan perkembangan anak. Sedangkan sosial ekonomi orang tua tidak memiliki hubungan dengan perkembangan anak (p= 0,366). Kesimpulan bahwa perkembangan anak berhubungan dengan status gizi, stimulasi, dan pengetahuan ibu.

Kata Kunci: Perkembangan Anak, Status gizi, Stimulasi, Pengetahuan Ibu



ABSTRACT
Development is the increasing of ability in structure and body’s function to be more complex as a process that will be read by a child. The development of children in preschool age play an important role that will influence the next stage of development. The aims of this study were to identify child’s nutrition, stimulation, mother’s knowledge also parent’s social economic and it’s correlation with child’s development of 4-5 years old children in Bunda Kandung Kindergarten Aceh Besar. An analytic observational with cross sectional design was assigned for this study. Sample of this study consist of 47 children. Result showed that 55% child’s development was normal, and 45% was delay. Result of chi-square test (CI 95%) showed that there was significant correlation between child’s nutrition (p= 0,043), stimulation (p= 0,003), and mother’s knowledge (p= 0,000) with child’s development. Meanwhile, parent’s social economic had no significant correlation with child’s development (p= 0,366). From overall outcome can be concluded that child’s development was influenced by child’s nutrition, stimulation, and mother’s knowledge.

Keywords: Child’s Development, Child’s nutrition, Stimulation, Mother’s Knowledge

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK