Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
RANCANGAN SOAL PILIHAN GANDA DAN URAIAN PADA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
Pengarang
Raihan Fadhillah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing I
Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103020052
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Raihan Fadhillah (2023). Rancangan Soal Pilihan Ganda dan Uraian pada Materi Statistika Berdasarkan Taksonomi Bloom.
Guru dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan dengan memberikan siswa soal yang mempunyai tingkat kognitif yang bervariasi. Namun kenyataannya, guru masih jarang merancang soal dengan tingkat kognitif yang bervariasi dan sesuai dengan proporsi soal ideal yang mendukung ketercapaian kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal pilihan ganda dan uraian pada materi statistika berdasarkan taksonomi Bloom yang valid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang validator, yang terdiri dari dua orang dosen ahli dan seorang guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi perangkat soal yang memuat validasi isi, konstruksi, bahasa, alokasi waktu, dan petunjuk pada soal. Pada teknik analisis data, peneliti menghimpun semua hasil validasi dari ketiga validator, yang mana berdasarkan hasil validasi tersebut peneliti akan mencari nilai rxy. Rancangan soal termasuk kriteria valid jika memiliki nilai rxy minimal sebesar 0,60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal pilihan ganda dan uraian yang dirancang memperoleh nilai rxy dari ketiga validator sebesar 0,96, 0,81, dan 0,78 untuk soal pilihan ganda, serta untuk soal uraian sebesar 0,86, 0,86 dan 0,79. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa rancangan soal materi statistika berdasarkan taksonomi Bloom yang dirancang telah memenuhi kriteria valid.
Kata kunci: Rancangan Soal, Materi Statistika, Taksonomi Bloom, Validasi
Raihan Fadhillah (2023). Multiple Choice Question Design and Description on Statistical Material Based on Bloom's Taxonomy. Teachers can measure the level of student understanding of the material that has been taught by giving students questions that have varying cognitive levels. But in fact, teachers still rarely design questions with varying cognitive levels and in accordance with the ideal proportion of questions that support the achievement of competence. This study aims to produce multiple-choice questions and descriptions on statistical material based on valid Bloom's taxonomy. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. The subjects of this study were three validators, consisting of two expert lecturers and a teacher. The research instrument used is a question device validation sheet that contains content validation, construction, language, time allocation, and instructions on the questions. In the data analysis technique, the researcher collects all validation results from the three validators, which based on the validation results the researcher will look for the rxy value. The question design includes valid criteria if it has a minimum rxy value of 0.60. The results of this study showed that the multiple-choice questions and descriptions designed obtained rxy scores from the three validators of 0.96, 0.81, and 0.78 for multiple-choice questions, as well as for description questions of 0.86, 0.86 and 0.79. Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the design of statistical material problems based on Bloom's taxonomy designed has met the valid criteria. Keywords: Question Design, Statistical Material, Bloom's Taxonomy, Validation
PERSEPSI GURU TERHADAP JENIS STIMULUS SOAL DAN TINGKAT TAKSONOMI BLOOM DALAM SOAL UN FISIKA TAHUN 2017/2018 (Ayudianti Putri, 2019)
KUALITAS ITEM SOAL UJIAN SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA SE-KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (MISWA PUTRI RASIDAH, 2016)
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI (YUNITA AYU RIDHA, 2022)
ANALISIS SOAL EKSPONEN DAN LOGARITMA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI (SALSABIILA SINA, 2024)
ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL FISIKA SBM-PTN 2013 REGIONAL I BERDASARKAN TEORI KOGNITIF REVISI TAKSONOMI BLOOM (Rabiulluddin, 2016)