PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI BENTUK ALJABAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI BENTUK ALJABAR


Pengarang

ANNISA RAUDHATUL WARDHIAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Morina Zubainur - 197208182002122001 - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020036

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Annisa Raudhatul Wardhiah (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Bentuk Aljabar
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya media pembelajaran yang
bervariasi, khusunya dalam pembelajaran matematika, seperti yang diketahui bahwa
matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik dan dianggap sulit
oleh peserta didik, sehingga perlu adanya media pembelajaran interaktif yang dapat
meningkatkan minat dan ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya
pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi bentuk aljabar yang memenuhi
kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Tessmer yang
dibatasi pada tahapan preliminary, self evaluation, expert review, one-to-one, dan
small group saja. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi
literatur, walkthrough, dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu validator yang
merupakan ahli di bidang teknologi dan pendidikan matematika. Subjek uji coba
keterbacaan media pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa lembar validasi media dan lembar pedoman
wawancara uji keterbacaan media. Teknik analisis data yang dilakukan berupa analisis
data walktrough. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi bentuk aljabar yang telah
dikembangkan memenuhi kriteria valid dari aspek isi, konstruk, bahasa dan grafika.
Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran yang telah dikembangkan perlu
dilakukan uji kepraktisan dan keefektifannya.

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Interaktif,
Articulate Storyline, Bentuk Aljabar

Annisa Raudhatul Wardhiah (2023). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 for Algebraic Forms Material. This research is motivated by the lack of varied learning media, especially in mathematics education. It is well-known that mathematics is considered one of the less appealing and challenging subjects for students. Therefore, there is a need for interactive learning media that can enhance students' interest and engagement in the learning process. The advancement of science and technology further encourages efforts to utilize technological innovations to improve the quality of education. The objective of this study is to develop interactive learning media based on Articulate Storyline 3 for algebraic forms material that meets valid criteria. This research follows Tessmer's model of development, specifically focusing on the preliminary, self-evaluation, expert review, one-to-one, and small group stages. Data collection techniques employed in this study include literature review, walkthrough, and interviews. The data sources for this research are experts in the fields of technology and mathematics education who serve as validators. The readability of the media is tested with seventh-grade students as the subjects of the study. The research instruments used in this study consist of media validation sheets and media readability interview guidelines. Data analysis is conducted through walkthrough data analysis. The results of this research indicate that the interactive learning media based on Articulate Storyline 3 for algebraic forms material meet the valid criteria in terms of content, structure, language, and graphics. The implications of this research suggest that the developed learning media should undergo practicality and effectiveness testing. Keywords: Learning Media Development, Interactive Learning Media, Articulate Storyline, Algebraic Forms

Citation



    SERVICES DESK