Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DI SMPN 10 BANDA ACEH.
Pengarang
Alifah aqila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Erni Maidiyah - 196405071989032001 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103020086
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan koneksi matematika adalah menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya. Dalam pembelajaran matematika siswa sangat sering mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep-konsep yang sudah dipelajari dengan konsep yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh positif kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran model Connected Mathematics Project (CMP) di SMPN 10 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah true experimental design dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 10 Banda Aceh yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel kelas dilakukan secara acak dan diperoleh kelas VII-A sebanyak 25 orang, sebagai kelas eskperimen dan kelas VII-C sebanyak 25 orang sebagai kelas Kontrol. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas tersebut sudah diuji dengan tes awal untuk melihat bahwa kemampuan kedua kelas tersebut sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen penelitian berupa soal uraian segiempat yang terdiri atas 3 soal. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui, nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Oleh karena itu terbukti penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) ada pengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMPN 10 Banda Aceh pada materi segiempat. Dengan adanya model pembelajaran CMP dapat memudahkan siswa dalam memahami materi segiempat dan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Kata kunci: Model Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Koneksi Matematis, Segiempat
The ability of mathematical connections is to connect one concept with another. In learning mathematics, students very often have difficulty in connecting the concepts that have been learned with the concepts to be learned. This study aims to determine the positive influence of students' mathematical connection ability on learning the Connected Mathematics Project (CMP) model at SMPN 10 Banda Aceh. The research uses a quantitative approach with the type of research used is true experimental design with a posttest only control design. The population of this study was all grade VII students of SMPN 10 Banda Aceh consisting of 3 classes. Class sampling was carried out randomly and obtained class VII-A as many as 25 people, as experimental class and class VII-C as many as 25 people as control class. Before being treated, the two classes have been tested with initial tests to see that the abilities of the two classes are the same. The data collection technique used in this study was a test. The research instrument is in the form of a quadrilateral description question consisting of 3 questions. To see the difference in students' abilities between the experimental and control groups using the t-test at a significance level of 0.05 after the prerequisites were met. Based on the results of the study, the average score of the final test in the experimental class was higher than in the control class. Therefore, it is proven that the application of the Connected Mathematics Project (CMP) learning model has a positive influence on the mathematical connection ability of students at SMPN 10 Banda Aceh on quadrilateral material. With the CMP learning model, it can make it easier for students to understand quadrilateral material and can improve students' mathematical connection skills. Keywords: Connected Mathematics Project (CMP) Model, Mathematical Connection Capability, Quadrilateral
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA (Ainal Mardhiah, 2023)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017)
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PETA KONSEP SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (SAMSUL BAHRI, 2015)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNISI (Dhelsy Nahraisyah Azma, 2017)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE (Andriani, 2019)