Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3D STRUKTUR KRISTAL PADA MATA KULIAH KIMIA PERMUKAAN DAN PADATAN
Pengarang
NUR FARIDAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rusman - 196509061993031006 - Dosen Pembimbing I
Kana Puspita - 199312232019032019 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103040032
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Materi struktur kristal merupakan salah satu materi kimia yang sulit dipahami karena kajiannya berada pada level submikroskopis dan konsepnya yang bersifat abstrak. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memvisualisasikan pemodelan bentuk 3D dari struktur kristal agar tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi 3D Struktur Kristal Pada Mata Kuliah Kimia Permukaan Dan Padatan sebagai alternatif media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE menghasilkan produk berupa video animasi 3D struktur kristal. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1)analisis (analysis), (2)perencanaan (design), (3)pengembangann (development), (4)implementasi (implementation), dan (5)evaluasi (evaluation). Penelitian ini melibatkan 22 orang mahasiswa pendidikan kimia yang sudah mengambil mata kuliah kimia permukaan dan padatan. Data hasil penelitian diperoleh melalui lembar angket validasi kelayakan media, lembar angket tanggapan mahasiswa dan lembar angket System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian terhadap kelayakan media melalui tahap validasi oleh validator mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95,0% dengan kategori sangat valid. Hasil tanggapan mahasiswa terhadap pengembangan media pembelajaran Video animasi 3D struktur kristal diperoleh persentase rata-rata sebesar 98,8% dengan kriteria baik sekali. Hasil tanggapan mahasiswa berdasarkan System Usability Scale (SUS) terhadap pengembangan media pembelajaran video animasi 3D struktur kristal mendapatkan skor sebesar 96,5 yang mendapat grade A dengan kriteria terbaik yang bisa dibayangkan (best imaginable). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video animasi 3D struktur kristal dapat menjadi alternatif dalam Pembelajaran kimia permukaan dan padatan
Crystal structure material is one of the chemical materials that is difficult to understand because the study is at a submicroscopic level and the concepts are abstract. This problem can be overcome by utilizing technological developments to visualize 3D shape modeling of crystal structures in order to achieve learning objectives. Based on this, this research aims to develop 3D animation videos of Crystal Structures in the Surface and Solid Chemistry Course as an alternative learning media. The type of research used isResearch and Development (R&D) with the ADDIE development model produces products in the form of 3D animation videos of crystal structures. The ADDIE development model consists of 5 stages, namely (1) analysis(analysis), (2) planning(design), (3) development(development), (4) implementation (implementation), and (5) evaluation(evaluation). This research involved 22 chemistry education students who had taken surface and solid chemistry courses. Research data was obtained through media suitability validation questionnaire sheets, student response questionnaire sheets and questionnaire sheetsSystem Usability Scale (SUS). The results of research on media feasibility through the validation stage by validators obtained an average percentage of 95.0% with a very valid category. The results of student responses to the development of learning media for 3D crystal structure animation videos obtained an average percentage of 98.8% with very good criteria. The results of student responses are based onSystem Usability Scale (SUS) for the development of 3D animation video learning media on crystal structures received a score of 96.5 which received grade A with the best criteria imaginable (best imaginable). Thus, it can be concluded that the development of 3D animation videos of crystal structures can be an alternative in studying surface and solid chemistry
PEMBUATAN VIDEO ANIMASI EDUKASI 3D ASAL USUL MATA UANG BITCOIN DAN PERUBAHAN PARADIGMA DALAM KEUANGAN GLOBAL (Luthfi Maulana, 2024)
PEMODELAN VIDEOBOOTH CAMERA SPIN 360 DALAM BENTUK VIDEO ANIMASI 3D (Ambiya, 2023)
PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D TENTANG PENJAGAAN UDARA BERSIH DARI POLUSI MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER VERSI 3.1 (Muyasir, 2023)
PEMBUATAN VIDEO INFOGRAFIS ANIMASI 2D PENGENALAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT KANKER PARU-PARU PADA MANUSIA (Dina Maisura, 2022)
HUBUNGAN AFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP NILAI MATA KULIAH KIMIA FISIK I RNPADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TAHUN MASUK 2011 RNFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2014)