ANALISIS STRATEGI KOMPETISI JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB, GOJEK, DAN MAXIM MENGGUNAKAN TEORI PERMAINAN (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS STRATEGI KOMPETISI JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB, GOJEK, DAN MAXIM MENGGUNAKAN TEORI PERMAINAN (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)


Pengarang

RAHMI SAFRIYANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Radhiah - 198508142014042001 - Dosen Pembimbing I
Nurmaulidar - 197006081994122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1808101010053

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas mipa., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Fenomena transportasi online di Indonesia memberikan solusi atas kekhawatiran masyarakat terhadap kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar salah satunya yaitu Kota Banda Aceh. Gojek, Grab dan Maxim merupakan transportasi online yang banyak digunakan oleh masyarakat di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih transportasi yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas perjalanan sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran untuk transportasi online. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Accidental sampling yaitu mengambil responden secara kebetulan untuk dijadikan sampel sesuai dengan konteks penelitian, dalam hal ini responden yang digunakan adalah Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jumlah sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Penentuan strategi optimal menggunakan teori permainan dengan memakai 5 strategi yaitu praktis, harga, aman, promosi, dan armada yang lebih banyak yang dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran terbaik manakah diantara lima faktor bauran pemasaran yaitu praktis, harga, aman, promosi, dan armada yang banyak menghasilkan strategi yang paling optimal antara transportasi online Grab, Gojek, dan Maxim yang diteliti menggunakan teori permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maxim yang merupakan transportasi paling diminati dibandingkan Grab dan Gojek, ini terbukti dari hasil analisis menggunakan teori permainan. Strategi Maxim yang paling optimal pada saat menghadapi Grab dan Gojek adalah strategi aman. Strategi optimal Grab yang paling optimal menghadapi Gojek adalah strategi praktis. Sedangkan Gojek perlu meningkatkan strategi aman dan praktis untuk menghadapi Grab dan Maxim dalam melakukan persaingannya.



Kata kunci: Accidental Sampling, Bauran Pemasaran, Bisnis, Transportasi
Online, Strategi Pemasaran, Teori Permainan

The phenomenon of online transportation in Indonesia provides a solution to people's concerns about congestion that often occurs in big cities, one of which is Banda Aceh City. Gojek, Grab and Maxim are online transportation that is widely used by people in Banda Aceh City. This research was conducted using questionnaires to find out what factors influence consumers in choosing transportation to be used to carry out travel activities so that it can be used as a consideration in determining marketing strategies for online transportation. The sampling of this study uses the Accidental sampling method, which is taking respondents by chance to be sampled according to the context of the study, in this case the respondents used are Syiah Kuala University Students. The number of research samples used was 100 respondents. Determination of the optimal strategy using game theory by using 5 strategies, namely practical, price, security, promotion, and more fleet which is known as the marketing mix (marketing mix). The purpose of this research is to determine which is the best marketing strategy among the five factors of the marketing mix, namely practical, price, safety, promotion, and fleet which produces the most optimal strategy between Grab, Gojek, and Maxim online transportation which is researched using game theory. The results of the study show that Maxim is the most popular form of transportation compared to Grab and Gojek, this is evident from the results of the analysis using game theory. Maxim's most optimal strategy when dealing with Grab and Gojek is the safe strategy. Grab's optimal strategy against Gojek is a practical strategy. Meanwhile, Gojek needs to improve its strategy in carrying out its competition. Keywords: Accidental Sampling, Marketing Mix, Business, Online Transportation, Marketing Strategy, Game Theory

Citation



    SERVICES DESK