Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISLE MENGGUNAKAN SIMULASI PHET UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK PARABOLA
Pengarang
Dian Rafika - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rajibussalim - 197208311998021001 - Dosen Pembimbing I
Nasrullah - 197501021999031001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2108202010002
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Fisika (S2) / PDDIKTI : 45101
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas mipa., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis lnvestigative Science Learning Environment (ISLE) menggunakan simulasi Physic Education Technology (PhET) untuk mengurangi miskonsepsi peserta didik pada materi Gerak Parabola. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis ISLE untuk eksperimen gerak parabola. Media pembelajaran dinyatakan layak digunakan/diimplementasikan kepada peserta didik setelah melalui proses validasi ahli materi dan ahli media. Media pembelajaran (LKPD) yang dikembangkan memberi kemudahan kepada peserta didik dalam memahami konsep gerak parabola. LKPD yang disusun dengan pendekatan model ISLE dipakai sebagai panduan dalam mencapai tujuan pembelajaran untuk mengurangi miskonsepsi peserta didik terhadap materi gerak parabola melalui simulasi PhET. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan miskonsepsi pada materi gerak parabola dari 42,22% menjadi 12,78%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis ISLE menggunakan simulasi PhET dapat digunakan untuk mengurangi miskonsepsi peserta didik.
The objective of this study is to develop Investigative Science Learning Environment (ISLE)-based learning media using Physic Education Technology (PhET) simulation to minimize students’ misconception about parabolic motion concept. This study employs research and development methods (Research and Development/R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The results from this study are learning media in the form of ISLE-based Student Worksheets (LKPD) for parabolic motion experiments. To obtain credibility and validity, the learning media has been validated by experts in this topic. The learning media (LKPD) developed makes it easier for students to understand the concepts of parabolic motion. LKPD prepared using the ISLE model approach is used as a guide in achieving learning objectives to reduce students' misconceptions about parabolic motion concept through PhET simulations. The results showed that there was a decrease in misconceptions in parabolic motion concepts from 42.22% to 12.78%. Based on the results of the research, it can be concluded that the application of ISLE-based learning media using PhET simulation can be used to reduce student misconceptions.
PENGEMBANGAN MODUL MATERI GERAK PARABOLA BERBASIS ELEKTRONIK (Ajeng Aprillia, 2022)
PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA GERAK JATUH BEBAS (MUHAMMAD FARISI AZMI, 2024)
SIMULASI GERAK PARABOLA UNTUK BOLA PEJAL DENGAN HAMBATAN UDARA (Ibnu Fikar, 2016)
PENGARUH MEDIA PRAKTIKUM MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (EVITA SANDI, 2024)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STEM-ISLE (INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT) BERBASIS MEMS (MICRO ELECTRO MECHANICAL SYSTEMS) TERINTEGRASI LABVIEW SERTA PEMANFAATAN APLIKASI TRACKER UNTUK EKSPERIMEN GETARAN PEGAS (Intan Mulia Sari, 2021)