KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN RME PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 GEUMPANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN RME PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 GEUMPANG


Pengarang

Nurhijrah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Rahmah Johar - 197011171998032002 - Dosen Pembimbing I
Tuti Zubaidah - 196805271994032001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020092

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nurhijrah (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan RME pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMPN 1 Geumpang

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya model/ pendekatan pembelajaran yang diterapkan belum tepat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penerapan pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan penerapan pendekatan RME lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 1 Geumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah true experimental design dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Geumpang. Pengambilan sampel kelas dilakukan secara acak dan diperoleh kelas VIII-B sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebanyak 21 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 4 soal. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t, dengan taraf signifikan α = 5%. Bedasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menerapkan pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 1 Geumpang.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, RME, Bangun Ruang Sisi Datar

ABSTRACT Nurhijrah (2023). Students' Critical Thinking Skills through the Application of RME in Polyhedral Materials at Class VIII SMPN 1 Geumpang The low critical thinking skills of students can be caused by several factors, which is the learning model/approach that is applied is not appropriate in the learning process. Therefore, the application of the RME (Realistics Mathematics Education) approach is expected to improve students' critical thinking skills. This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills taught by applying the RME approach is better than improvement of students' critical thinking skills taught by applying conventional learning on the material of polyhedral in class VIII SMPN 1 Geumpang. This study uses a quantitative approach with the type of research used is true experimental design with pretest-postest control group design. The population of this study were all students of grade VIII of SMPN 1 Geumpang. Class sampling was done randomly and obtained 21 students of VIII-B class as an experimental class and 21 student as a control class. The data collection technique used in this study was a test technique. The research instrument was in the form of critical thinking skills test questions consisting of 4 questions. Hypothesis testing was carried out using the t test, with a significant level of α = 5%. Based on the results of the study, it was found that the improvement in critical thinking skills of students who were taught by applying the RME approach was better than students who were taught by applying conventional learning to the material of polyhedral in class VIII SMPN 1 Geumpang. Keywords: Critical Thinking, RME, Polyhedral

Citation



    SERVICES DESK