PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SBDP MATERI GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SBDP MATERI GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH


Pengarang

JUFRI TEMAS MIKO - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Aida Fitri - 197510132005012001 - Dosen Pembimbing I
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Beberapa kendala yang dihadapi guru mata pelajaran diantaranya, keinginan siswa untuk belajar gambar ilustrasi masih kurang, ketika guru mengajar kebanyakan siswa mengantuk, dan ada sebagian siswa yang tidak mendengar dan tidak memperhatikan materi yang diberikan oleh guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas gambar ilustrasi pada Siswa adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran SBdP materi gambar ilustrasi pada siswa kelas V SD Negeri S Kota Banda Aceh? bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP materi gambar ilustrasi pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Banda Aceh? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Negeri S Banda Aceh. Subjek penelitiannya adalah Siswa kelas V-A tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes dan daftar pertanyaan dan pengamatan lainnya untuk mendapatkan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan oleh penelitian menggunakan model Miles and Huberman yaitu persentase, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Pemanfaatan media gambar ilustrasi pada siswa kelas V SD Negen 5 Kota Banda Aceh sudah baik 2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP materi gambar ilustrasi pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Banda Aceh diperoleh nilai rata-rata skor 77 dengan kategori baik. Media gambar dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam memahami konsep dan memperoleh pengetahuan baru

Some of the challenges faced by subject teachers include students' lack of interest in learning illustration drawing, students feeling drowsy during lessons, and some students not paying attention to the material being taught by the teacher. One effort to enhance students' creativity in illustration drawing is by utilizing visual media in the learning process. The research problem in this study is how the utilization of visual media in the SBdP (Illustration Drawing) material in fifth-grade students at SD Negeri 5 Kota Banda Aceh, and what are the learning outcomes of students in the SBdP (Illustration Drawing) material in fifth-grade students at SD Negeri 5 Kota Banda Aceh? This research adopts a qualitative approach with a descriptive type. The research was conducted at SD Negeri 5 Banda Aceh. The research subjects were the fifth-grade students of class V-A in the academic year 2022/2023, consisting of 23 students, including 10 male students and 13 female students. The research instruments used were observation sheets, tests, questionnaires, and other observations to collect research data. Data collection techniques involved observation and testing. Data analysis techniques used in this study followed Miles and Huberman's model, which includes percentage, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that 1) the utilization of visual media in illustration drawing for fifth-grade students at SD Negeri 5 Kota Banda Aceh is good, and 2) the learning outcomes of students in the SBdP (Illustration Drawing) material for fifth-grade students at SD Negeri 5 Kota Banda Aceh resulted in an average score of 77, categorized as good. Visual media can be an effective tool in improving students' learning outcomes, especially in understanding concepts and acquiring new knowledge.

Citation



    SERVICES DESK