HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN LEARNING DISENGAGEMENT PADA MAHASISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN LEARNING DISENGAGEMENT PADA MAHASISWA


Pengarang

Raudhatur Rahmah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Afriani - 198511282015042001 - Dosen Pembimbing I
Eka Dian Aprilia - 198404082015042002 - Penguji
Arum Sulistyani - 198012122014042001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1907101130023

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Psikologi., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Intensitas penggunaan smartphone yang tinggi akibat dorongan fear of missing out (FoMO) menjadi indikasi awal akan tingginya learning disengagement yang dialami mahasiswa. Learning disengagement merupakan tidak terlibatnya mahasiswa dengan pembelajaran karena terjadinya distraksi akibat penggunaan smartphone di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of missing out (FoMO) dengan learning disengagement pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 351 mahasiswa yang ditentukan menggunakan teknik multistage cluster sampling dan disproportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan secara daring dan luring menggunakan Learning Disengagement Scale dan Online-Fear of Missing Out (ON-FoMO) Scale. Analisis data menggunakan Pearson’s Product-Moment Correlation dan mendapatkan nilai koefisien kolerasi sebesar r=0,606 serta nilai signifikansi (p) = 0,000 (p

The high intensity of smartphone usage due to the urge of fear of missing out (FoMO) serves as an early indication of the high learning disengagement experienced by students. Learning disengagement refers to students' lack of engagement in the learning process due to distractions caused by smartphone usage in the classroom. This research aims to examine the relationship between fear of missing out (FoMO) and learning disengagement among students. The study adopts a quantitative approach with 351 students selected using multistage cluster sampling and disproportionate stratified random sampling techniques. Data was collected online and offline using the Learning Disengagement Scale and Online-Fear of Missing Out (ON-FoMO) Scale. Data analysis was conducted using Pearson's Product-Moment Correlation, resulting in a correlation coefficient of r=0.606 and a significance value (p) of 0.000 (p

Citation



    SERVICES DESK