Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Pengarang
Sulsila Marna - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1909200170019
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101
Penerbit
Banda Aceh : Program Pasca Sarjana - Pendidikan IPA., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Motivasi belajar untuk siswa sangat penting, motivasi dalam belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar yang akan dicapai. Tetapi kenyataan yang didapatkan di lapangan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah pada materi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan masing-masing jumlah peserta didiknya adalah 30 orang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data penilitian menggunakan soal uraian untuk mengetahui pemahaman konsep dan soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Ms Excel. Hasil data pemahaman konsep kelas kontrol yaitu 44,17 sedangkan dikelas eksperimen 64,17 dan hasil analisis data hasil belajar yaitu 57,00 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen yaitu 72,33. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Advance Organizer terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Advance Organizer, pemahaman konsep, hasil belajar
Learning motivation for students is very important, motivation in learning influences the understanding of the initial concept and the learning outcomes to be achieved. But the reality obtained in the field is that the initial concept understanding and student learning outcomes are still relatively low in certain materials. This study aims to see the effectAdvance Organizer learning model for mastery of initial concepts and student learning outcomes. The sample in this study consisted of two classes, namely class XI IPA 1 and class XI IPA 2 with 30 students each, selected using a purposive sampling method. The research data collection instrument used descriptive questions to determine initial conceptual understanding and multiple choice questions to determine student learning outcomes. The data in this study were analyzed using the Ms Excel. The results of the initial concept understanding data for the control class were 44.17 while those for the experimental class were 64.17 and the results of cognitive learning outcomes data analysis were 57.00 for the control class while for the experimental class were 72.33. Keywords: Advance Organizer, understanding the initial concept, learning outcomes
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA (NURUL LISA, 2023)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Sulsila Marna, 2023)
PENGGUNAAN PETA KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (Sejahtera Ali, 2018)
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PETA KONSEP SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (SAMSUL BAHRI, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADARNPEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMPN 1 KUTA BARORNKABUPATEN ACEH BESAR (Adha Nola Sari, 2021)