Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN TRIZRN(STUDI KASUS: RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TGK. ABDULLAH SYAFI’I)
Pengarang
AHMAD AKRAL BUKHRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sri Rahmawati - 199401092019032012 - Dosen Pembimbing I
Riski Arifin - 199505272022031011 - Dosen Pembimbing II
Sarika Zuhri - 198908142019032019 - Penguji
Suhendrianto - 197712092006041001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1804106010058
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan, menyebabkan tuntutan dalam kualitas pelayanan rumah sakit juga meningkat. Saat ini pelayanan instalasi rawat jalan RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i menjadi bagian penting dalam menunjang pelayanan jasa kesehatan bagi masyarakat Pidie. Namun masih terdapat beberapa keluhan dari pasien diantaranya adalah kurangnya kebersihan toilet dan kursi tunggu yang terlalu sedikit untuk jumlah calon pasien yang berdatangan sehingga mempengaruhi terhadap kepuasan masyarakat. Metode SERVQUAL digunakan untuk pengukuran kualitas pelayanan terhadap lima dimensi yaitu dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Metode TRIZ digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan memberikan usulan perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kualitas pelayanan dan memberikan usulan perbaikan pada instalasi rawat jalan RSUD Tgk.Abdullah Syafi’i. Persepsi kualitas pelayanan diperoleh dengan menyebarkan kuisioner terhadap 400 responden pengguna rawat jalan RSUD Tgk.Abdullah Syafi’i. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam variabel yang menjadi masalah yakni terjadi kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi pasien. Berdasarkan hasil analisis menggunakan TRIZ, solusi perbaikan kualitas pelayanan yang diusulkan yaitu penekanan kinerja oleh manajemen rumah sakit bagi petugas cleaning service untuk lebih fokus terhadap kebersihan toilet, usulan pada bagian farmasi pada yaitu adanya penyesuaian pegawai atau penambahan pegawai terhadap pelayanan farmasi, perlu adanya penambahan fasilitas papan petunjuk informasi dan tempat duduk di ruang tunggu dengan menyesuaikan tingkat kunjungan.
Kata Kunci: RSUD, Kualitas pelayanan, SERVQUAL, TRIZ
Increased public understanding of the importance of health, causing demands on the quality of hospital services to also increase. Currently, outpatient installation services provided by RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i are an important part of supporting health services for the people of Pidie. However, there are still a number of complaints from patients, including the lack of toilet cleanliness and too few waiting chairs for the number of prospective patients who arrive, thus affecting community satisfaction. SERVQUAL is used to measure service quality on five dimensions: tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The TRIZ method is used to solve problems by providing suggestions for improvements. The purpose of this study was to measure service quality and provide suggestions for improvements to the outpatient installation of RSUD Tgk.Abdullah Syafi’i. Perceptions of service quality were obtained by distributing questionnaires to 400 respondents who were outpatient users of RSUD Tgk.Abdullah Syafi’i. The results showed that there were six variables that became problematic, namely a discrepancy between patient perceptions and expectations. Based on the results of the analysis using TRIZ, the proposed service quality improvement solution is performance suppression by hospital management for cleaning service to focus more on toilet cleanliness, suggestions for the pharmacy section include adjusting staff or adding staff to pharmacy services, adding information signage, and adding seating facilities in the waiting room by adjusting the level of visits. Keywords: RSUD, Quality of Service, SERVQUAL, TRIZ
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DIINSTALASI RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – FUZZY ( STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (Ahlul Rizal, 2017)
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA JASA RAWAT INAP NON VIP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA RUMAH SAKIT UMUM ZAINOEL ABIDIN (RSUZA) BANDA ACEH (khalida, 2015)
INTEGRASI SERVQUAL DAN MODEL KANO PADA KUALITAS PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN DI RSUD ACEH SINGKIL (MUTIA OKTARIANDA, 2025)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Keumalasari, 2023)
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sri Mulia Fitri, 2015)