ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE DI MAS ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE DI MAS ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH.


Pengarang

SARAH NADIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing I
Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020088

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan matematika yang perlu dikembangkan, namun hasil observasi menunjukkan bahwa siswa masih kurang mampu dalam berpikir kritis. Salah satu faktor pengaruhnya adalah self confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pemecahan masalah matematika ditinjau dari self confidence di MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Indikator dalam penelitian ini menggunakan 4 indikator yaitu, menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang dipilih dari 19 orang siswa kelas X IPA 3 MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket self confidence, tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self confidence siswa berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa dengan self confidence tinggi memenuhi tiga hingga empat indikator berpikir kritis, sedangkan yang self confidence sedang hanya memenuhi dua indikator, dan siswa dengan self confidence rendah hanya memenuhi satu indikator. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada guru dapat memberi dukungan berupa pelaksanaan metode dan pembelajaran matematika yang dapat membantu siswa membangun rasa percaya diri yang sehingga memberi dampak positif pada kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence

Abstract Critical thinking skills are one of the mathematical abilities that need to be developed, but observations show that students are still lacking in critical thinking. One of the influencing factors is students' self-confidence. This study aims to describe students' critical thinking skills in solving math problems in terms of self confidence at MAS Ulumul Qur'an Banda Aceh. The indicators in this study use 4 indicators, namely, interpreting, analyzing, evaluating, and inferring. The type of research is descriptive qualitative. The subjects in this study were 6 students selected from 19 students of class X IPA 3 MAS Ulumul Qur'an Banda Aceh. Data collection was carried out using self confidence questionnaire instruments, critical thinking ability tests and interview guidelines. The results showed that the level of students' self-confidence affects the ability to think critically mathematically. Students with high self-confidence fulfill three to four critical thinking indicators, while those with moderate self-confidence only fulfill two indicators, and students with low self-confidence only fulfill one indicator. The implication of this research is that teachers can provide support in the form of implementing mathematics methods and learning that can help students build self-confidence so that it has a positive impact on students' critical thinking skills. Keywords: Critical Thinking Ability, Mathematical Problem Solving, Self Confidence

Citation



    SERVICES DESK