ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN MAHASISWA PESERTA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FKIP USK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN MAHASISWA PESERTA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FKIP USK


Pengarang

Ria Karina - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zakaria - 195912311986031029 - Dosen Pembimbing I
Zulfadhli - 197405181999031003 - Dosen Pembimbing II
Ruaida - 196112311989032003 - Penguji
Alfi Syahril Fuadi Jaya - 197807102005011004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906101030053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Ria, Karina. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Menguntungkan Dan Merugikan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menguntungkan dan merugikan mahasiswa peserta program kampus mengajar pada jurusan pendidikan ekonomi FKIP USK dan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam menjadi peserta program kampus mengajar serta untuk melihat hubungan antara mata kuliah yang dikonversi dengan kegiatan di dalam program kampus mengajar. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek 7 mahasiswa peserta program kampus mengajar yang terdiri dari mahasiswa peminatan akuntansi dan ekonomi. Objek faktor-faktor yang menguntungkan dan merugikan mahasiswa peserta program kampus mengajar pada jurusan pendidikan ekonomi FKIP USK. Teknik pengumpulan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menguntungkan yaitu mendapatkan konversi 20 SKS mata kuliah, mendapatkan uang saku Rp. 1.200.000/bulan selama 5 bulan dan UKT selama 1 semester sebesar Rp 2.400.000, meningkatkan soft skill dan hard skill, menambah pengalaman dan relasi. Faktor-faktor yang merugikan yaitu tidak dapat mengambil sisa SKS yang bisa diambilnya pada semester bersamaan dengan program kampus mengajar dan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kampus seperti biasanya sehingga tidak mendapatkan ilmu atau materi dari mata kuliah yang telah dikonversi dari dosennya. Mahasiswa peserta program kampus mengajar mengikuti seluruh kegiatan pra penugasan, penugasan dan pasca penugasan sesuai panduan dari kampus mengajar serta melakukan beberapa program yang mendukung seperti literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah pada sekolah penempatannya. Mata kuliah konversi tidak ada yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan pada program kampus mengajar dikarenakan mahasiswa hanya mengimplementasikan ilmunya pada sekolah penempatan yang masih di level SD ataupun SMP.

Kata kunci : Faktor Menguntungkan, Faktor Merugikan, Mahasiswa, Program Kampus Mengajar.

ABSTRACT Rias, Karina. (2023). Analysis of Favorable and Harmful Factors for Students Participating in the Campus Teaching Program at the USK FKIP Economics Education Department. This study aims to determine the factors that are profitable and detrimental to students participating in the teaching campus program in the USK FKIP economics education department and to find out the activities carried out by students in becoming participants in the teaching campus program as well as to see the relationship between the converted courses and activities in in the campus teaching program. Descriptive qualitative research approach. Subject 7 students participating in the teaching campus program consisting of students majoring in accounting and economics. The objects of the factors that are beneficial and detrimental to students participating in the campus program teach in the USK FKIP economics education department. The collection techniques are interviews and documentation. Data analysis techniques namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that the favorable factors are getting a conversion of 20 course credits, getting an allowance of Rp. 1,200,000/month for 5 months and UKT for 1 semester of IDR 2,400,000, improve soft skills and hard skills, add experience and relationships. The detrimental factors are not being able to take the remaining credits that can be taken in the semester at the same time as the campus teaching program and not being able to participate in teaching and learning activities on campus as usual so that they do not get knowledge or material from the courses that have been converted from their lecturers. Students participating in the teaching campus program participate in all pre-assignment, assignment and post-assignment activities according to the guidelines from the teaching campus and carry out several supporting programs such as literacy, numeracy, technology adaptation and school administration at their placement schools. Conversion courses have nothing to do with the activities carried out in the teaching campus program because students only implement their knowledge at placement schools that are still at the elementary or junior high level. Keywords: Favorable Factors, Detrimental Factors, Students, Teaching Campus Programs.

Citation



    SERVICES DESK