Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Pengarang
Nova Syahputri - Personal Name;
Dosen Pembimbing
M. Ikhsan - 196407221989031002 - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing II
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing III
M. Hasbi - 196207021989031002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103020040
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
511.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Matematika merupakan ilmu dasar dari ilmu lainnya. Dalam pembelajaran matematika hasil belajar siswa hingga saat ini masih tergolong rendah, termasuk materi statistika. Terdapat banyak penyebab rendahnya hasil belajar tersebut, salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru bidang studi masih belum sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran IMPROVE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran IMPROVE pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas dengan random sampling yaitu kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan diolah menggunakan statistik uji-t dengan kriteria tolak H0 jika t hitung>t tabel. Berdasarkan pengujian hipotesis, t hitung=2,74 dan t tabel=2,02 memenuhi kriteria thitung>t tabel berarti H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang dibelajarkan melalui model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional.
Mathematics is the basic science of other sciences. In learning mathematics, student learning outcomes are still relatively low, including statistics material. There are many causes of these low learning outcomes, one of which is that the learning model applied by the subject teacher is still not appropriate. One of the learning models that can improve student learning outcomes is by applying the IMPROVE learning model. This study aims to determine the learning outcomes of students taught with the IMPROVE learning model on class VIII statistics material at SMP Negeri 3 Banda Aceh. The research method used is experimental method with post-test only control group design. The population in this study were all VIII classes of SMPN 3 Banda Aceh, while the research sample was taken two classes by random sampling, namely class VIII-6 as the experimental class and class VIII-4 as the control class. Data were collected through tests and processed using t-test statistics with the criteria to reject H0 if t count> t table. Based on hypothesis testing, t count = 2.74 and t table = 2.02 meets the criteria of t count>t table, meaning that H0 is rejected. So it can be concluded that the learning outcomes taught through the IMPROVE learning model are better than students taught through conventional learning.
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (BETHANIA SHEVANY ROSSAMEVIA, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGRNPADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X RNSMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Dhian Gunanjar, 2015)
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Mailan Astuti, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Nova Syahputri, 2023)