Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERUMUSAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN PORTER’S FIVE FORCES (STUDI KASUS PT. KARYA BUMIMAS PERSADA).
Pengarang
TENGKU FIRZANA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sarika Zuhri - 198908142019032019 - Dosen Pembimbing I
Nur Izzaty - 198408072019032011 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1904106010047
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik Industri., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pandemi COVID-19 telah menyebabkan kerugian ekonomi pada industri kloset, termasuk PT. Karya Bumimas Persada yang memproduksi kloset merek ORTA. Kerugian ekonomi yang dialami oleh perusahaan adalah penurunan penjualan yang terjadi karena dua faktor utama yaitu dampak pandemi dan persaingan ketat diantaranya dengan merek TOTO, American Standard, dan Trilliun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi produk ORTA dalam pasar kloset berdasarkan persepsi konsumen dengan Multidimensional Scaling (MDS) dan mengidentifikasi strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dengan Porter’s Five Forces. Hasil penelitian menggunakan analisis Porter’s Five Forces menunjukkan bahwa ORTA berada di posisi yang tidak terlalu kuat karena menghadapi ancaman dan persaingan yang signifikan dari merek yang lebih kuat. Selain itu, hal ini juga diperkuat dari hasil survei dan analisis MDS, dimana ORTA berada pada kuadran dua dan posisi ketiga dari perhitungan euclidean diantara keempat merek dan memiliki kelemahan pada atribut daya tahan produk, daya guna produk, keamanan produk, kesesuaian harga dengan produk, serta cara pembayaran. Kelemahan ini dapat berpengaruh terhadap daya tawar pembeli dan persaingan, dimana preferensi konsumen cenderung memilih merek kloset lain dengan atribut yang lebih baik. Maka dari itu, ORTA memerlukan strategi yang fokus pada pemasaran dan branding yang terarah melalui pemasaran digital, diferensiasi produk dan inovasi pada peningkatan daya guna, daya tahan, kesesuaian harga dengan produk, keamanan produk, dan memberikan variasi metode pembayaran, serta memanfaatkan dan memperkuat loyalitas pelanggan sebagai alat untuk mempromosikan produk.
Kata Kunci: Analisis Multidimensional Scaling (MDS), Porter’s Five Forces, Positioning, Strategi Marketing, Penjualan
The COVID-19 pandemic has caused economic losses to the sanitary industry, including PT. Karya Bumimas Persada which produces Toilet of the brand ORTA. The decline in sales was due to two main factors, the impact of the pandemic and the fierce competition between TOTO, American Standard, and Trillliun. The study aims to analyze the position of ORTA products in the toilet market based on consumer perceptions with Multidimensional Scaling (MDS) and identify effective strategies to boost sales with Porter’s Five Forces. The results of research using Porter’s Five Forces analysis show that ORTA is in a not too strong position because of the significant threats and competition of stronger brands. Also, this is supported by the findings of the survey and analysis of MDS, which show that ORTA is in the third position among the four brands and has weaknesses in product durability attributes, product usability, product safety, product variants and colors, as well as payment methods. These flaws can have an impact on buyer bidding power and competition, where consumer preferences tend to favor other brands with better attributes. Therefore, ORTA requires strategies such as concentrating on marketing and branding strategies that are directed through digital marketing, product differentiation and innovation on improving product usability, durability, and safety, providing variety of payment methods, as well as leveraging and strengthening customer loyalty as a tool to promote products. Keywords: Multidimensional Scaling (MDS) Analysis, Porter's Five Forces, Positioning, Marketing Strategy, Sale
MULTIDIMENSIONAL SCALING PADA SEKTOR PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN ACEH BARAT (Jumi Hasniati, 2021)
ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA WARUNG KOPI DI BANDA ACEH DENGAN ANALISIS SWOT DAN FIVE FORCES BY PORTER (Fathia Mauliza, 2019)
PENGARUH PROGRAM PENGELOLAAN ANGGOTA SALURAN TERHADAP KEMAMPUAN PENJUALAN DARI FRONTLINERS INDOSAT DI KOTA BANDA ACEH (Syarifah Miftahul jannah, 2024)
STRATEGI WIRAUSAHA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA USAHA JUICE NIPAH DI DESA PASILEMBANG KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN) (HASVIANA, 2019)
STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA TOKO PAKAIAN OEMER OUTFIT BANDA ACEH (SUWAIBATUN ASLAMIAH, 2024)