PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG


Pengarang

Hershinta Desiandra - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing I
Dewi Annisa - 198802152019032015 - Dosen Pembimbing II
M. Hasbi - 196207021989031002 - Penguji
Bintang Zaura - 196311091991032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020042

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

511.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan tingkat tinggi yang diharapkan abad 21. Namun kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah dikarenakan kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa melalui model pembelajaran konvensional pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design yang menggunakan desain pre-test-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sabang, sedangkan sumpel dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dengan menggunaka dengan uji homogenitas, uji normalitas, dan pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model discovery learning lebih baik daripada siswa melalui model pembelajaran konvensional.Diharapkan guru dapat menerapkan model discovery learning pada materi yang sama dengan kelas lain, pada materi lain dalam matematika.

Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Turunan

Students' mathematical critical thinking ability is a high-level ability. This ability is still relatively low due to the inappropriate use of learning models. The discovery learning model is expected to foster students' mathematical critical thinking skills because it has the advantage of being able to foster critical thinking skills because students are taught to find solutions independently. This study aims to determine the mathematical critical thinking skills of students who are applied to the Discovery Learning model better than students who are applied to conventional learning models on material derived from algebraic functions at SMA Negeri 1 Sabang. This study uses a quantitative approach with a true experimental design research that uses a pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI IPA at SMA Negeri 1 Sabang. Sampling was carried out randomly and obtained class XI IPA 5 as the experimental class and class XI IPA 2 as the control class. Research data collection techniques use tests and instruments in the form of mathematical critical thinking ability test questions. Hypothesis testing was carried out using the t test with a significant level of α=0,05, degrees of freedom dk=(n_1+n_2-2)=(30+30-2)=58 to obtain t_(table )=1,67. So it can be concluded that t_count1,67 so that H_a is accepted and it can be concluded that students' mathematical critical thinking abilities applied to the discovery learning model are better than students who applied conventional learning models to material derived from algebraic functions in SMA Negeri 1 Sabang. Keywords: Discovery Learning, Mathematical critical thinking ability, Derivative

Citation



    SERVICES DESK