Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG
Pengarang
Hershinta Desiandra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing I
Dewi Annisa - 198802152019032015 - Dosen Pembimbing II
M. Hasbi - 196207021989031002 - Penguji
Bintang Zaura - 196311091991032001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103020042
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
511.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan tingkat tinggi yang diharapkan abad 21. Namun kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah dikarenakan kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa melalui model pembelajaran konvensional pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design yang menggunakan desain pre-test-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sabang, sedangkan sumpel dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dengan menggunaka dengan uji homogenitas, uji normalitas, dan pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model discovery learning lebih baik daripada siswa melalui model pembelajaran konvensional.Diharapkan guru dapat menerapkan model discovery learning pada materi yang sama dengan kelas lain, pada materi lain dalam matematika.
Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Turunan
Students' mathematical critical thinking ability is a high-level ability. This ability is still relatively low due to the inappropriate use of learning models. The discovery learning model is expected to foster students' mathematical critical thinking skills because it has the advantage of being able to foster critical thinking skills because students are taught to find solutions independently. This study aims to determine the mathematical critical thinking skills of students who are applied to the Discovery Learning model better than students who are applied to conventional learning models on material derived from algebraic functions at SMA Negeri 1 Sabang. This study uses a quantitative approach with a true experimental design research that uses a pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI IPA at SMA Negeri 1 Sabang. Sampling was carried out randomly and obtained class XI IPA 5 as the experimental class and class XI IPA 2 as the control class. Research data collection techniques use tests and instruments in the form of mathematical critical thinking ability test questions. Hypothesis testing was carried out using the t test with a significant level of α=0,05, degrees of freedom dk=(n_1+n_2-2)=(30+30-2)=58 to obtain t_(table )=1,67. So it can be concluded that t_count1,67 so that H_a is accepted and it can be concluded that students' mathematical critical thinking abilities applied to the discovery learning model are better than students who applied conventional learning models to material derived from algebraic functions in SMA Negeri 1 Sabang. Keywords: Discovery Learning, Mathematical critical thinking ability, Derivative
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Mar Ul Hasanah, 2023)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Firaq Akbar, 2024)
PENERAPAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA (ELVIRA HAJRIDA, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Hendra Susanto, 2016)