PENGEMBANGAN TUAS REM SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT SERAT ABACA DAN ANALISA KEKUATAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN TUAS REM SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT SERAT ABACA DAN ANALISA KEKUATAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD


Pengarang

Adhie Mikail Fathanah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mohd. Iqbal - 196706081994031003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1904102010072

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Mesin (S1) / PDDIKTI : 21201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik Mesin., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penggunaan komposit kian meningkat di segala bidang kehidupan seperti untuk bamper mobil, bodi kendaraan, bodi pesawat terbang, bodi perahu. Pada penilitian ini akan dikembangkan tuas rem berbahan komposit serat abaca yang diharapkan menjadi material alternatif dengan sifat weight to strenght ratio yang lebih baik berbanding material alumunium yang diaplikasikan di sepeda motor. Pembuatan tuas rem dilakukan dengan proses Compression Moulding, cetakan lalu di kompresi menggunakan ragum penjepit untuk menghasilkan bentuk produk sesuai dengan yang diinginkan. Pengujian tekan pada simulasi ini menggunakan software Abaqus. Setelah dilakukan pengambilan data simulasi di dapat kan nilai Displacement tertinggi pada tuas rem berbahan komposit serat abaca yaitu terletak pada pembebanan 200 N sebesar 3,57 mm.

The use of composites today is increasing in all areas of life such as for car bumpers, vehicle bodies, airplane bodies, boat bodies. In this research, brake levers made from abaca fiber composite will be developed which are expected to be alternative materials with better weight-to-strength ratio properties compared to aluminum material applied to motorcycles. Making brake levers is carried out by the Compression Molding process, the mold is then compressed using a clamping vise to produce the desired product shape. Compressive testing in this simulation uses the Abaqus software. After collecting simulation data, the highest displacement value is obtained on the brake lever made of abaca fiber composite, which is located at 200 N loading of 3,57 mm

Citation



    SERVICES DESK