IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 57 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 57 BANDA ACEH


Pengarang

Windya Meylandari - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Israwati - 195908261987032002 - Dosen Pembimbing I
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Windya Meylandari (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SD Negeri 57 Banda Aceh.
Penelitian ini berjudul Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SD Negeri 57 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan karena Kurikulum Merdeka adalah sebuah kebijakan baru yang tentu saja pasti memiliki perubahan dalam menerapkannya, sehingga kesiapan guru perlu di teliti lebih lanjut karena guru sebagai bagian integral dalam Pendidikan dan komponen penting dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang dimaksudkan untuk mengasah minat serta bakat peserta didik sejak dini dengan fokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitiannya yaitu deksriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 57 Banda Aceh. Sampel yang dipilih merupakan kepala sekolah, guru kelas I dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang ditinjau dari kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran, maka guru perlu mempersiapkan tiga tahap yaitu 1) Merencanakan pembelajaran yang berisi guru menyiapkan tujuan pembelajaran, menyiapkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), menyiapkan modul ajar; 2) Melaksanakan pembelajaran yang berisi guru menyesuaikan ruang lingkup materi pembelajaran, menyesuaikan proses pembelajaran, menyesuaikan produk hasil belajar, mengondisikan lingkungan belajar; 3) Mengevaluasi pembelajaran yang berisi guru melakukan relfeksi pembelajaran dan asesmen, mengidentifikasi apa saja yang sudah berhasil dan apa yang masih perlu di perbaiki, memodifikasi modul ajar. Kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sudah baik dan sesuai dengan urutan proses pembelajaran dimulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.
Kata kunci: Kurikulum, Implementasi Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru, Pembelajaran.

Windya Meylandari (2023). Implementation of the Independent Curriculum in View of Teacher Readiness in Implementing Learning at SD Negeri 57 Banda Aceh. This research is entitled Implementation of the Independent Curriculum in View of Teacher Readiness in Implementing Learning at SD Negeri 57 Banda Aceh. This research was conducted because the Independent Curriculum is a new policy which of course must have changes in implementing it, so that teacher readiness needs to be studied further because teachers are an integral part of education and an important component in carrying out learning. This study aims to describe the readiness of teachers in carrying out learning in the independent curriculum. The independent curriculum is a curriculum that is intended to hone students' interests and talents from an early age by focusing on essential material, character development and student competencies. The approach in this research is a qualitative approach, the type of research is descriptive. This research was conducted at SD Negeri 57 Banda Aceh. The selected samples are school principals, class I teachers and class IV teachers. Data collection techniques used observation, interviews and documentation, while data analysis techniques used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research results it is known that in implementing the independent curriculum in terms of teacher readiness in carrying out learning, the teacher needs to prepare three stages, namely 1) Planning learning which contains the teacher preparing learning objectives, preparing the Learning Objective Flow (ATP), preparing teaching modules; 2) Carrying out learning that contains the teacher adjusting the scope of learning materials, adjusting the learning process, adjusting learning outcomes, conditioning the learning environment; 3) Evaluating learning which contains the teacher conducting learning reflections and assessments, identifying what has been successful and what still needs to be improved, modifying teaching modules. The teacher's readiness in implementing the independent curriculum in learning is good and in accordance with the sequence of the learning process starting from planning, implementing and evaluating learning. Keywords: Curriculum, Implementation of Independent Curriculum, Teacher Readiness, Learning.

Citation



    SERVICES DESK