GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 ACEH TENGAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 ACEH TENGAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN


Pengarang

Ulva Malinda - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Syaiful Bahri - 196012191986031001 - Dosen Pembimbing I
Fitra Marsela - 199303172021022101 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104030006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Bimbingan dan Konseling., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.154

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Motivasi merupakan suatu bentuk investasi jangka panjang yang penting bagi manusia pada kehidupan sehari-hari sehingga memiliki keberhasilan sesuai keinginan individu untuk berhasil. Motivasi sering disamakan dengan “semangat” dan hasil yang dicapai untuk mengembangkan kemampuan melalui proses yang dilakukan dengan kognitif,afektif, psikomotor dan campuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di MAN 1 Aceh Tengah berdasarkan jenis kelamin. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas X dan XI di MAN 1 Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar untuk melihat tingkat motivasi belajar siswa di MAN 1 Aceh Tengah berdasarkan jenis kelamin. Uji validitas menggunakan uji lapangan kemudian dianalisis menggunakan excel, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang terkumpul dianalisis secara analisis deskriptif dengan menggunakan kategori skor jenjang dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa laki dan perempuan pada siswa perempuan sebagian besar memiliki kategori tinggi dengan persentase 53,3%. Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa laki-laki sebagian besar mendapat kategori sangat tinggi yaitu dengan persentase 53,3%. Siswa yang memiliki tingkat motivasi yang tinggi biasanya selalu tekun dalam belajar disekolah maupun dirumah, ulet dalam mengerjakan tugas yang diberikan, selalu berusaha mengerjakan tugas baik disekolah maupun dirumah dengan tujuan mendapat hasil yang baik. Kemudian siswa yang memiliki tingkat motivasi sedang yaitu kadang-kadang siswa tekun dalam belajar disekolah maupun dirumah kemudian perhatian dalam belajar namun cenderung cepat bosan dengan belajarnya, kemudian siswa yang memiliki motivasi belajar rendah merasa cepat bosan ketika belajar, mudah menyerah terhadap pembelajaran, kurang memiliki keinginan untuk mendapatkan nilai yang tinggi, dan biasanya siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan.

Motivation is a form of long-term investment that is important for humans in everyday life so that they have success according to the individual's desire to succeed. Motivation is often equated with "enthusiasm" and the results achieved to develop abilities through cognitive, affective, psychomotor and mixed processes. This study aims to describe the learning motivation of students at MAN 1 Aceh Tengah based on gender. This type of research used descriptive quantitative. The research subjects were students of class X and XI at MAN 1 Central Aceh. The data collection technique uses a learning motivation scale to see the level of student motivation at MAN 1 Aceh Tengah based on gender. The validity test used field tests and then analyzed using excel, while the reliability test used the alpha cronbach formula. The collected data were analyzed by descriptive analysis using level scores and percentages. The results of the study showed that there was a significant difference between the learning motivation of male and female students. The majority of female students were in the high category with a percentage of 53.3%. While the level of learning motivation of male students is mostly in the very high category, namely with a percentage of 53.3%. Students who have a high level of motivation are usually always diligent in studying at school or at home, tenacious in doing the assignments given, always trying to do the assignments both at school and at home with the aim of getting good results. Then students who have a moderate level of motivation, namely sometimes students are diligent in studying at school or at home then pay attention to learning but tend to get bored quickly with their learning, then students who have low learning motivation feel bored quickly when studying, easily give up on learning, lack the desire to get a high score, and usually students pay less attention when the teacher explains

Citation



    SERVICES DESK