PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 20 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 20 BANDA ACEH


Pengarang

Santilia Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Said Darnius - 195810301986031002 - Dosen Pembimbing II
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji
Hasniyati - 198801042022032007 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD (S1)., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimana kemahiran membaca
permulaan siswa menggunakan media big book. Penelitian ini dilakukan pada siswa
kelas II SD Negeri 20 Banda Aceh. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif.
instrumen yang dilakukan adalah tes kemampuan membaca permulaan. Subjek
dalam penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 20 Banda Aceh yang berjumlah 28
siswa. Dalam penelitian ini, siswa diminta secara bergantian untuk membaca melalui
media big book pada saat posttest, kemudian dilakukan tes berdasarkan 4 indikator,
yaitu 1) lafal, 2) intonasi, 3) kejelasan suara dan 4) kelancaran. Hasil tes yang sudah
diperoleh kemudian diolah dengan teknik analisis data., Penyajian data, dan
verifikasi data. Berdasarkan penelitian, setelah penerapan media big book pada
kemampuan membaca permulaan. Diperoleh hasil 17 siswa berada pada kisaran nilai
antara nilai 80-100 atau berada pada jenjang sangat baik sekali dengan persentase
58,62%, terdapat 9 siswa berada pada kisaran nilai antara nilai 66-79 atau dalam
tingkatan baik dengan persentase 31,04%, dan terdapat 3 siswa berada pada antar
nilai 56-65 atau dalam kisaran nilai cukup atau dengan persentase 10,34%. Nilai
hasil membaca siswa meningkat lebih baik setelah diterapkan media big book pada
kemampuan membaca permulaan. Maka simpulan dari penggunaan media big book
dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 20
Banda Aceh.
Kata Kunci: Media Big Book, Membaca Permulaan

abstrak This research is useful to find out how students' initial reading skills are using big book media. This research was conducted on grade II students of SD Negeri 20 Banda Aceh. This type of research is descriptive qualitative. The instrument used was a preliminary reading ability test. The subjects in the study were 28 grade II students at SD Negeri 20 Banda Aceh. In this study, students were asked to take turns reading through the big book media during the posttest, then a test was carried out based on 4 indicators, namely 1) pronunciation, 2) intonation, 3) voice clarity and 4) fluency. The test results that have been obtained are then processed using data analysis techniques, data presentation, and data verification. Based on research, after the application of big book media on initial reading ability. The results obtained were that 17 students were in the range of values between 80-100 or were at a very good level with a percentage of 58.62%, there were 9 students who were in the range of values between 66-79 or in a good level with a percentage of 31.04%. and there are 3 students who are in the range of 56-65 or in the range of sufficient scores or with a percentage of 10.34%. The score of students' reading results increased better after the big book media was applied to the beginner's reading ability. So the conclusion from the use of big book media can improve the beginning reading skills of class II students at SD Negeri 20 Banda Aceh. Keywords: Big Book Media, Beginning Reading.

Citation



    SERVICES DESK