Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) DENGAN BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 TAKENGON
Pengarang
MAULIDA AYUNI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Teuku Kusnafizal - 196601181992031002 - Dosen Pembimbing I
T. Bahagia Kesuma - 198906262019031014 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
Zulfan - 196107081989101001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806101020040
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Sejarah., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.154
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Maulida Ayuni (2023) Pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organaizing, Reflekting and Extending) dengan berbantuan media Crossword puzzele tehadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Takengon. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE(Connecting, Orgenaizing, Reflekting and Extending) dengan berbantuan media Crossword puzzele terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bersifat True eksperimen desaign yang berdesain Postttest-only control dsign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Takengon dengan sampel kelas VII 1 dan VII 2 masing-masing sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Untuk teknik analisi menggunakan regresi linear dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dari uji regresi menunjukan motivasi siswa meningkat sebesar 35% berdasarkan observasi dan berdasarkan angket 39%, nilai korelasi 3,18 pada Konstanta 57,33 selebihnya dipengaruhi oleh faktor luar dan lingkungan. Hasil Uji hipotesis atau uji t diperoleh thitung > t tabel atau 5,291> 2.048pada taraf signifikan (α) 5% maka Ha diterima. Untuk nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,883 menunjukan sangat kuat. Oleh karna itu model pembelajaran CORE berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VII1 SMPN 2 Takengon.
Kata Kunci : Model CORE, Crossword Puzzle, Motivasi Belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 2 ACEH TENGAH (DIANA FEBRIANI, 2021)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (Rina Afdilla, 2025)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL WORD SQUARE DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (RAMIDA ANUM, 2015)
HUBUNGAN PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DENGAN PERUBAHAN PRANATA PENDIDIKAN DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (Zulia Sukanti, 2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ARCHERY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 MUTIARA (SYAHRUN MUBARAK, 2023)