Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
LAPORAN KERJA PRAKTEK
PROSEDUR KANAL ALTERNATIF LAYANAN PENDAFTARAN BPJS KESEHATAN
Pengarang
Denata Hartanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Irma Suryani - 198808072015042001 - Dosen Pembimbing I
Ade Irma Suryani - 197206262003122001 - Penguji
Megawati - 197105162006042021 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2001001010020
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen Perusahaan (D3) / PDDIKTI : 61405
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : DIII -Manajemen Perusahaan., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan selama dua bulan di BPJS Kesehatan Kantor cabang Banda Aceh, maka Penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut:
Kanal layanan merupakan tempat/media yang dapat digunakan oleh calon peserta atau peserta JKN-KIS dalam melakukan proses administrasi kepesertaan berupa pendaftaran peserta, perubahan data peserta, pembayaran iuran, pemberian informasi, penanganan pengaduan, kritik dan saran, Iuran merupakan hal yang harus dibayar oleh peserta.
BPJS Kesehatan mempunyai beragam kanal layanan alternatif yang dapat digunakan untuk pendaftaran BPJS. Kanal alternatif tersebut yakni Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Website BPJS Kesehatan, Mall Pelayanan Publik, serta kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota.
Kanal layanan alternatif sangat dibutuhkan dan berguna baik secara non-tatap muka (online) karena dapat mengurus segala administrasi kepesertaan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan serta berupaya memperluas pemanfaatan digitalisasi layanan di fasilitas kesehatan seperti telekonsultasi dan antrean online, selain itu juga secara tatap muka (offline) yakni dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS.
After carrying out the Field Work Practice for two months at the Health BPJS Banda Aceh branch office, the author draws the following conclusions: The service channel is a place/media that can be used by prospective JKN-KIS participants or participants in carrying out the membership administration process in the form of participant registration, changing participant data, payment of dues, providing information, handling complaints, criticism and suggestions. Dues are things that must be paid by participant. BPJS Health has a variety of alternative service channels that can be used for BPJS registration. These alternative channels are the JKN Mobile Application, BPJS Kesehatan Care Center 165, BPJS Kesehatan Website, Public Service Mall, as well as Branch Offices and Regency/City Offices. Alternative service channels are urgently needed and useful both non-face to face (online) because they can take care of all membership administration without having to come to the BPJS Health office and seek to expand the use of digitalization of services in health facilities such as teleconsultation and online queues, as well as face to face (offline), namely being able to maximize health services for JKN-KIS participants.
PROSEDUR KANAL ALTERNATIF LAYANAN PENDAFTARAN BPJS KESEHATAN (Denata Hartanti, 2023)
MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Nasruddin, 2018)
VIDEO ANIMASI 2D IKLAN PENGEMBANGANLAYANAN MASYARAKAT PADA BPJS KETENAGAKERJAAN (SEPTIANA RATNA DEWI, 2020)
SISTEM ARSIP PADA BPJS KESEHATAN CABANG BANDA ACEH (Indira Karlita, 2014)
PROSEDUR PEMBAYARAN KAPITASI KE FASILITAS KESEHATAN TINGKAT I PADA BPJS KESEHATAN KC. BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2014)