HUBUNGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

Rahmat Akbar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Motivasi belajar merupakan daya penggerak yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa sma negeri 5 banda aceh terdapat banyak siswa yang tidak memiliki gairah, semangat dan rasa senang dalam proses belajar mengajar di dalam kelas dikarenakan siswa tidak memilki motivasi belajar dalam kegiatan belajar sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Masalah tersebut perlu dikaji penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi dan hasil belajar fisika. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket kuisioner untuk pengumpulan datanya. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas x ipa 1, 2 dan 3 sebanyak 75 siswa. Penyajian analisa deskriptif dalam penelitian ini yaitu: variabel motivasi (X) dan variabel hasil belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar yang dapat dilihat dari rxy < rtabel (0,008 < 0,306) . Disarankan penelitian yang akan datang menggunakan sampel yang lebih banyak sehingga hasil analisis dari penelitian yang didapatkan akan lebih akurat.

Learning motivation is the driving force that influences student learning outcomes. Based on the results of initial observations on students of SMA Negeri 5 Banda Aceh, there are many students who do not have passion, enthusiasm and pleasure in the teaching and learning process in the classroom because students do not have motivation to learn in learning activities so that it affects their learning outcomes. The cause of this problem needs to be investigated. This study aims to determine how the relationship between motivation and physics learning outcomes. The approach and type of research used is quantitative research using questionnaires for data collection. The sample of this research is class X IPA 1, 2 and 3 of 75 students. Presentation of descriptive analysis in this study, namely: motivation variable (X) and learning outcome variable (Y). The results showed that there was no relationship between motivation and learning outcomes which could be seen from rxy < rtable (0.008 < 0.306). It is recommended that future research use a larger sample so that the analysis results from the research obtained will be more accurate.

Citation



    SERVICES DESK