Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
Pengarang
Rahmat Akbar - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103030037
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Motivasi belajar merupakan daya penggerak yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa sma negeri 5 banda aceh terdapat banyak siswa yang tidak memiliki gairah, semangat dan rasa senang dalam proses belajar mengajar di dalam kelas dikarenakan siswa tidak memilki motivasi belajar dalam kegiatan belajar sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Masalah tersebut perlu dikaji penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi dan hasil belajar fisika. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket kuisioner untuk pengumpulan datanya. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas x ipa 1, 2 dan 3 sebanyak 75 siswa. Penyajian analisa deskriptif dalam penelitian ini yaitu: variabel motivasi (X) dan variabel hasil belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar yang dapat dilihat dari rxy < rtabel (0,008 < 0,306) . Disarankan penelitian yang akan datang menggunakan sampel yang lebih banyak sehingga hasil analisis dari penelitian yang didapatkan akan lebih akurat.
Learning motivation is the driving force that influences student learning outcomes. Based on the results of initial observations on students of SMA Negeri 5 Banda Aceh, there are many students who do not have passion, enthusiasm and pleasure in the teaching and learning process in the classroom because students do not have motivation to learn in learning activities so that it affects their learning outcomes. The cause of this problem needs to be investigated. This study aims to determine how the relationship between motivation and physics learning outcomes. The approach and type of research used is quantitative research using questionnaires for data collection. The sample of this research is class X IPA 1, 2 and 3 of 75 students. Presentation of descriptive analysis in this study, namely: motivation variable (X) and learning outcome variable (Y). The results showed that there was no relationship between motivation and learning outcomes which could be seen from rxy < rtable (0.008 < 0.306). It is recommended that future research use a larger sample so that the analysis results from the research obtained will be more accurate.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)
PERBEDAAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rahman Anugrah, 2023)
PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Azani Isma, 2024)
KORELASI ANTARA SIKAP DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMAN BANDA ACEH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (MIA AUZIANI, 2023)
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PART-TIME DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015-2016 (Sri Wahyuni, 2019)