KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA


Pengarang

Ainal Mardhiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Ikhsan - 196407221989031002 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Subianto - 196812111994031005 - Dosen Pembimbing II
Anwar - 196603221991021001 - Penguji
Usman - 197412312001121003 - Penguji
Elizar - 198511192019032011 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906203020014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan siswa dalam menghubungkan atau mengaitkan berbagai permasalahan dengan konsep matematika, keterkaitan tersebut termasuk dalam konteks matematika atau di luar matematika. Kenyataannya kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectual Repetition) berbantuan Software Geogebra, dan untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan level siswa terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-test and post-test control group design. Populasi penelitian ini yaitu 139 siswa kelas IX SMPN 1 Peukan Pidie dengan sampel dua kelas yang terdiri kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 27 siswa, yang dipilh secara random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA. Hasil penelitian memperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model AIR berbantuan Software Geogebra dengan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level siswa terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa.

Mathematical connection ability is a student's ability to connect or associate various problems with mathematical concepts, this linkage is included in the context of mathematics or outside mathematics. In fact, students' mathematical connection ability is still relatively low. The purpose of this study was to determine differences in mathematical connection ability and student motivation after applying the AIR (Auditory Intellectual Repetition) learning model assisted by Geogebra Software, and to determine the interaction between learning and student level on mathematical connection abilities and student learning motivation. This study used a quantitative approach with a pre-test and post-test control group design. The population of this study were 139 students of class IX SMPN 1 Peukan Pidie with a sample of two classes consisting of 30 students in the experimental class and 27 students in the control class, which were selected by random sampling. The research instrument was a test of mathematical connection ability and a student learning motivation questionnaire. Data analysis in this study used the ANOVA test. The results of the study found that there were differences in the ability of mathematical connections and learning motivation of students who were taught through the application of the AIR model assisted by Geogebra Software with conventional learning. The results of this study also show that there is no interaction between learning and student level on the ability of mathematical connections and student learning motivation.

Citation



    SERVICES DESK