PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTSS SEULIMEUM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTSS SEULIMEUM


Pengarang

Rairita - Personal Name;

Dosen Pembimbing

196405071989032001 ERNI MAIDIYAH - - - Dosen Pembimbing I
Anwar - 196603221991021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rairita (2023). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Melalui Realistic Mathematic Education (RME) di MTsS Seulimeum.
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu aspek yang wajib dicapai siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, pada pada umumnya siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika karena kemampuan konsep yang rendah. Penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME ) diyakini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran materi relasi dan fungsi melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di MTsS Seulimeum . Penelitian ini memiliki populasi semua siswa kelas VIII di MTsS Seulimeum, Sedangkan sampel kelas nya yaitu VIII-2 dengan jumlah 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu pre-eksperimental design dengan jenis penelitian one group pre-test post-test. Pengumpulan data dilaksanakan dengan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberikan sebelum pembelajaran (pre-test) dan sesudah pembelajaran (post-test). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi relasi dan fungsi. Sebagai implikasi dari penelitian ini diharapkan guru dapat mengembangkan dan memperluas pembelajaran menggunakan pendekatan RME, guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi yang sesuai.
Kata kunci: Matematika Kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa, Realistic Mathematics Education, Relasi dan fungsi.

Rairita(2023). Understanding of Students' Mathematical Concepts on Relations and Functions through Realistic Mathematics Education (RME) at MTsS Seulimeum The ability to understand mathematical concepts is an aspect that must be achieved by students in learning mathematics. However, in general students still have difficulty solving mathematical problems because of the low concept ability. The application of the Realistic Mathematics Education (RME) learning approach is believed to increase understanding of student concepts. The purpose of this study is to determine the ability to understand students' mathematical concepts in learning relations and functions through the Realistic Mathematics Education (RME) approach in MTsS Seulimeum. This study has a population of all class VIII students in MTsS Seulimeum, while the class sample is VIII-2 with 32 students. This study uses a quantitative approach, namely pre-experimental design with the type of one group pre-test post-test research. Data collection is carried out with an instrument of testing the ability to understand the mathematical concepts of students given before learning (pre-test) and after learning (post-test). This research data was analyzed using the paired sample t-test test. The results showed there is an increase in the ability to understand students' mathematical concepts after applying learning realistic mathematics education (RME) on the relations and function material. As an implication of this research, teachers are expected to develop and expand learning using the RME approach, in order to improve the ability to understand students' mathematical concepts on appropriate material. Keywords: Mathematics Ability to understand students' mathematical concepts, Realistic Mathematics Education, Relations and functions.

Citation



    SERVICES DESK