Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN COGAN PADA MATERI FPB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR
Pengarang
Shally Ambar Sani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906104040019
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD (S1)., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan COGAN pada materi FPB terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu True Experiemn dengan desain Pretest-Posstest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dsar Negeri 1 Lambheu Aceh Besar kelas IV Jln. Krueng Daroy, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan sampling Teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh peserta didik kelas IVA dan IVB dengan jumlah peserta didik sebanyak 46 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posstest, sedangkan Teknik analisis data menggunakan SPSS Statistic 25 dan pengujian hiptesis dengan uji-t test independent. Hasil pengujian hipotesis dengan statistic uji t-test independent diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,017 lebih kecil 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sigifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan COGAN pada materi FPB terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe NHT, media congklak bilangan, hasil belajar, Faktor Persekutuan Terbesar
This study aims to determine the effect of the Numbered Heads Together cooperative learning model assisted by COGAN on FPB material on student learning outcomes in class IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. The approach in this study is a quantitative approach with the type of research that is True Experience with the Pretest-Posstest Control Group Design. This research was conducted at Elementary School 1 Lambheu Aceh Besar class IV Jln. Krueng Daroy, Darul Imarah District, Aceh Besar District. Sampling The sampling technique was saturated with a sample of all students in grades IVA and IVB with a total of 46 students. Data collection techniques used tests in the form of pretest and posttest, while data analysis techniques used SPSS Statistics 25 and hypothesis testing with independent t-tests. The results of testing the hypothesis with the independent t-test statistic obtained a significance value 2-tailed of 0.017 smaller 0.05. So the decision-making criteria are Hypothesis alternative accepted and Hypothesisi zero are rejected. Thus it can be concluded that there is a significant influence of the use of the Numbered Heads Together cooperative learning model assisted by COGAN on FPB material on student learning outcomes in class IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Keywords: NHT type cooperative learning model, number congklak media, learning outcomes, Greatest Common Factor
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SDN LAMBHEU ACEH BESAR (Gharsina Alwani, 2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Aura zahira, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA PAPAN LABIRIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmatillah, 2022)
KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III
SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR (Maria Ulfah, 2014)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013)