Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VII MTSS AL-MANAR ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Pengarang
Melda Rahmah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Bainuddin Yani S - - - Dosen Pembimbing I
Tuti Zubaidah - 196805271994032001 - Dosen Pembimbing II
R.M. Bambang S - 195911091986031001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
0906103060047
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.26
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Matematika memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Matematika selalu diperlukan oleh semua bidang ilmu pengetahuan lainnya karena matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan manusia. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah materi Operasi Hitung Pecahan yang diajarkan kepada siswa kelas VII MTsS Al-Manar Aceh Besar semester 1. Faktanya, siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Operasi Hitung Pecahan. Pada kesempatan ini, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan di Kelas VII MTsS Al-Manar Aceh Besar Tahun Ajaran 2013- 2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dan mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas VII MTsS Al-Manar Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS Al-Manar sebanyak 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi adalah tes tulis. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MTsS Al-Manar Aceh Besar masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Operasi Hitung Pecahan, dari 25 orang siswa yang diteliti, diperoleh persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal tingkat kemampuan C1 32%, C2 56%, C3 92%, dan C4 100%. Persentase kesulitan siswa jika ditinjau dari jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa, 50% siswa mengalami kesulitan menggunakan konsep, 32,5% mengalami kesulitan prinsip dan 40% mengalami kesulitan verbal. Penyebab kesulitan yang dialami siswa tersebut adalah karena: 1) Pemahaman konsep dasar pecahan yang masih rendah; 2) kemampuan siswa yang masih rendah; 3) Kurangnya latihan pengerjaan soal aplikasi pecahan.
Mathematics has an important role in the world of education. Mathematics is always needed by all other fields of science because mathematics is always used in all aspects of human life. One of the materials in the mathematics subject is the material for Operations on Fractions which is taught to class VII students of MTsS Al-Manar Aceh Besar semester 1. In fact, students often experience difficulties in solving Operations for Fractions. On this occasion, the researcher conducted a study entitled "Analysis of Students' Difficulties in Completing Fractional Counting Operations in Class VII MTsS Al-Manar Aceh Besar Academic Year 2013-2014". This study aims to describe the difficulties experienced by students and find out the causes of the difficulties experienced by class VII students of MTsS Al-Manar Aceh Besar. The subjects of this study were 25 students of class VII MTsS Al-Manar. The instrument used to analyze students' answers about the difficulties encountered is a written test. While interviews are used to find out the causes of difficulties experienced by students. The results showed that the students of MTsS Al-Manar Aceh Besar still had a lot of difficulties in solving Fractional Count Operation questions, out of the 25 students studied, the percentage of students' difficulties in solving questions at the ability level C1 was 32%, C2 was 56%, C3 was 92. %, and C4 100%. The percentage of students' difficulties when viewed from the types of difficulties experienced by students, 50% of students had difficulty using concepts, 32.5% had principle difficulties and 40% had verbal difficulties. The causes of the difficulties experienced by these students are due to: 1) The understanding of the basic concepts of fractions is still low; 2) students' abilities are still low; 3) Lack of practice on fraction application questions.
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL
OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP
INSHAFUDDIN BANDA ACEH
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Siti Hawa, 2021)
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)
KESALAHAN SISWA MEMAHAMI OPERASI BILANGAN PECAHANRNDI KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013 (Azizah, 2014)
DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)