Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT OLEH PELAKU UMKM DI BANDA ACEH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI PEMODERASI
Pengarang
Vatin Salsabila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Teuku Muhammad Syahrizal - 199004172019031013 - Dosen Pembimbing I
Khairil Umuri - 199102222019031017 - Penguji
M. Haris Riyaldi - - - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1901104010011
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1)., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
339.522
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
UMKM di Indonesia terus mengalami peningkatan, akan tetapi hanya 17,25 juta atau sekitar 26,5 persen yang telah menggunakan sistem digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan risiko terhadap keputusan penggunaan digital payment oleh pelaku UMKM di Banda Aceh. Metode penarikan sampel yaitu probability sampling dengan teknik simple random sampling dimana sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden dan data sekunder dari studi kepustakaan. Adapun analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dan Analisis Regresi Moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan digital payment, variabel kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan digital payment. Sedangkan variabel risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan digital payment. Selain itu religiusitas memoderasi secara negatif hubungan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan digital payment oleh pelaku UMKM di Banda Aceh. Berdasarkan temuan pada studi ini, maka diharapkan penyedia layanan transaksi digital dapat melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kepercayaan pengguna digital. Penyedia layanan juga diharapkan menjaga dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna.
Kata Kunci: Digital Payment, Keputusan, Kemudahan, Kepercayaan, Risiko, Religiusitas
MSMEs in Indonesia continue to increase, but only 17.25 million or around 26.5 percent have used the digital system. This study aims to analyze the effect of convenience, trust, and risk on the decision to use digital payments by MSMEs in Banda Aceh. The sampling method is probability sampling with simple random sampling technique where the sample used is 200 respondents. The data used in this study are primary data and secondary data. Primary data was obtained from distributing questionnaires to respondents and secondary data from library research. The analysis used is Multiple Linear Regression and Moderation Regression Analysis. The results showed that partially the convenience variable has a positive and significant effect on the decision to use digital payments, the trust variable partially has no effect on the decision to use digital payments. Meanwhile, the risk variable has a negative and significant effect on the decision to use digital payments. In addition, religiosity negatively moderates the relationship of trust in the decision to use digital payments by MSMEs in Banda Aceh. Based on the findings in this study, it is expected that digital transaction service providers can conduct outreach to increase the trust of digital users. Service providers are also expected to maintain and improve the quality of services provided to users. Keywords: Digital Payment, Decision, Convenience, Trust, Risk, Religiosity
DETERMINAN INTENSI PERILAKU MUSLIM KOTA BANDA ACEH BERDONASI MELALUI DIGITAL PAYMENT (Salsa Dinda Sulisdika, 2022)
PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN, RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA UMKM DI KOTA BANDA ACEH (Farhan Zuha, 2024)
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TIKTOK SHOP DI BANDA ACEH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (ATIKA MARDHIYAH SIMAMORA, 2023)
PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT DAN PERILAKU MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH DIGITAL DI KALANGAN GENERASI MILLENIAL DI KOTA BANDA ACEH (NABILA HANYTA PUTRI, 2025)
PREFERENSI PEMBAYARAN DIGITAL E-WALLET DANA TERHADAP TRANSAKSI KONSUMEN DI KOTA BANDA ACEH (Dimas Irfandi, 2023)