TINGKAT KESESUAIAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI APOTEK BERDASARKAN PERMENKES RI NO. 73 TAHUN 2016 DI APOTEK KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TINGKAT KESESUAIAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI APOTEK BERDASARKAN PERMENKES RI NO. 73 TAHUN 2016 DI APOTEK KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Ayu Nazila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Didi Nurhadi Illian - 199111302019031015 - Dosen Pembimbing I
Lydia Septa Desiyana - 198109252008122002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1908109010015

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Farmasi (S1) / PDDIKTI : 48201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Farmasi., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Apotek merupakan salah satu sarana tempat dilakukannya pelayanan kefarmasian. Standar pelayanan kefarmasian di apotek telah diatur dalam Permenkes RI No. 73 tahun 2016. Kualitas pelayanan farmasi klinik sangat berpengaruh terhadap keberhasilan terapi pasien sehingga harus dilakukan sesuai dengan standar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesesuaian pelayanan farmasi klinik di apotek berdasarkan Permenkes RI No. 73 tahun 2016 di Apotek Kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah apoteker yang berpraktik di apotek terkait. Jumlah sampel yang digunakan adalah 50 apotek yang dipilih secara sratified random sampling berdasarkan posisi arah mata angin menggunakan website random.org. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pelayanan farmasi klinik di apotek. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan dan pengkajian resep tergolong kategori sangat baik, dispensing tergolong kategori sangat baik, pelayanan informasi obat (PIO) tergolong kategori baik, konseling tergolong kategori baik, pelayanan kefarmasian di rumah (home pharmacy care) tergolong kategori tidak baik, pemantauan terapi obat (PTO) tergolong kategori tidak baik, dan monitoring efek samping obat (MESO) tergolong kategori tidak baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan farmasi klinik di apotek Kota Banda Aceh belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan standar.

Kata kunci: Pelayanan farmasi klinik, apotek, Permenkes RI No. 73 tahun 2016

Pharmacy is one of the places where pharmaceutical services are carried out. Pharmaceutical service standards in pharmacies have been regulated in Regulation of the Health Minister of the Indonesian Republic Number 73 of 2016. The quality of clinical pharmacy services greatly affects the success of patient therapy, so they must be carried out in accordance with the standards. The aim of this study is to analyze the level of conformity of clinical pharmacy services based on Regulation of the Health Minister of the Indonesian Republic Number 73 of 2016 in pharmacies in Banda Aceh. This research is descriptive quantitative with a cross-sectional research design. The sample consisted of pharmacists who represented their workplace. The number of samples used was 50 pharmacies, which were selected by stratified random sampling based on the cardinal direction position using the random.org website. The research instrument used in this study was questionnaire for clinical pharmacy services in pharmacies. The results show that the level of conformity of prescription assessment and dispensing were classified as very good, drug information services and counseling were classified as good, and home pharmacy care, monitoring of drug therapy and monitoring of drug side effects were classified as not good. The conclusion from this study is that the implementation of clinical pharmacy services at the Banda Aceh City pharmacy has not been fully implemented according to standards. Keyword: Clinical pharmacy services, pharmacy, Regulation of the Health Minister of the Indonesian Republic Number 73 of 2016

Citation



    SERVICES DESK