HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH


Pengarang

Putri Widya Utami - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Siti Maryam - 196005201987032003 - Dosen Pembimbing I
Fitriana - 196701101994032003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104010042

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PKK., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PutriWidya Utami(2023) Hubungan Kedisiplinaan Siswa dengan Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh.
Salah satu sikap dan perilaku siswa tidak disiplin adalah tidak menaati tata tertib
sekolah. Seperti : datang terlambat kesekolah, tidak membuat pekerjaan rumah yang
di berikan oleh guru dan lain-lain. Hal ini membuat para siswa kurangmaksimal dalam
belajar sehingga mengakibatkan hasil belajar yang didapatkan kurang maksimal.
Faktor siswa berprilaku tidak disiplin yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengindetifikasi kedisiplinan siswa dan hasil beajar siswa serta
menganalisis hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa pada Mata
Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penenuan sampel menggunakan teknik
sampel jenuh. Terdapat 45 respoden yang telah ditetapkan yaitu siswa kelas VIII yang
mengikuti Mata Pelajaran Prakarya. Teknik pengumpulan data kuesioner, observasi,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, diuji kolerasi. Hasil
penelitian menunjukkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 12 Banda Aceh berada
pada kategori tinggi (71,1%) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya di
SMP Negeri 12 Banda Aceh dari 45 siswa kelas VIII secara klasikal hasil belajar
belum maksimal yaitu (68,9 %) pada kategori rendah dan sangat rendah. Berdasarkan
hasil analisis terdapat hubungan positif antara variabel kedisiplinan siswa dengan hasil
belajar siswa mata pelajaran Prakarya dengan nilai rank spearman 0.001 dengan taraf
signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Artinya terdapat kolerasi antara kedisiplinan siswa
dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda
Aceh. Jika nilai koefisien korelasi 0,471 dan besar derajat keeratan hubungan terletak
antara 0,400- 0,599 berarti terdapat korelasi yang sedang, sehingga dapat ditunjukkan
hipotesis pada penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat
hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa pada Pelajaran Prakarya
di SMP Negeri 12 Banda Aceh
Kata Kunci : Kedispinan Siswa, Hasil Belajar Siswa

PutriWidya Utami(2023) Hubungan Kedisiplinaan Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Salah satu sikap dan perilaku siswa tidak disiplin adalah tidak menaati tata tertib sekolah. Seperti : datang terlambat kesekolah, tidak membuat pekerjaan rumah yang di berikan oleh guru dan lain-lain. Hal ini membuat para siswa kurangmaksimal dalam belajar sehingga mengakibatkan hasil belajar yang didapatkan kurang maksimal. Faktor siswa berprilaku tidak disiplin yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi kedisiplinan siswa dan hasil beajar siswa serta menganalisis hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penenuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Terdapat 45 respoden yang telah ditetapkan yaitu siswa kelas VIII yang mengikuti Mata Pelajaran Prakarya. Teknik pengumpulan data kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, diuji kolerasi. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 12 Banda Aceh berada pada kategori tinggi (71,1%) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh dari 45 siswa kelas VIII secara klasikal hasil belajar belum maksimal yaitu (68,9 %) pada kategori rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis terdapat hubungan positif antara variabel kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Prakarya dengan nilai rank spearman 0.001 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Artinya terdapat kolerasi antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Jika nilai koefisien korelasi 0,471 dan besar derajat keeratan hubungan terletak antara 0,400- 0,599 berarti terdapat korelasi yang sedang, sehingga dapat ditunjukkan hipotesis pada penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa pada Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 12 Banda Aceh Kata Kunci : Kedispinan Siswa, Hasil Belajar Siswa

Citation



    SERVICES DESK