Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KONTEKS ISLAMI PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMPTQ BAITUSSHALIHIN BANDA ACEH
Pengarang
NUR AKMALINA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
M. Hasbi - 196207091989031002 - m.hasbi@fkip.unsyiah.ac.id - - - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103020098
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Aceh sebagai daerah istimewa yang memiliki hak-hak otonomi khusus dalam bidang agama, adat, dan pendidikan. Melalui pendidikan dapat menjadikan terobosan baru dalam menegakan syariat islam di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah melalui pendekatan model problem based learning terintegrasi konteks islami siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah pre experimental design atau desain eksprimen yang tidak sebenarnya dengan desain pre test-and post test group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPTQ Baitusshalihin Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan soal tes. Soal pre test terdiri atas 3 soal dan soal post test terdiri atas 3 soal. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji proporsi klasikal dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh Z tabel = 1,65 dan Z hitung = 1,76. Sesuai dengan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima jika Z hitung > Z tabel. Maka H0 ditolak sehingga siswa mencapai ketuntasan belajar setelah penerapan model problem based learning terintegrasi konteks islami.
Aceh as a special region has special autonomy rights in the fields of religion, custom and education. Through education, it can make new breakthroughs in upholding Islamic law in Aceh. The purpose of this research is through the integrated problem-based learning model approach in the Islamic context, students can achieve mastery of learning outcomes. The research uses a quantitative approach with the type of research used is a pre-experimental design or an experimental design that is not true with a pre-test-and post-test group design. The population of this study were all students of class VII SMPTQ Baitusshalihin Banda Aceh. The data collection technique used in this study was the Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheets (LKPD) and test questions. The pre test questions consist of 3 questions and the post test questions consist of 3 questions. To test the hypothesis using the classical proportion test using a significant level of 5% obtained Z table = 1.65 and Z count = 1.76. In accordance with the test criteria H0 is rejected and H1 is accepted if Z count > Z table. Then H0 is rejected so that students achieve learning mastery after applying the integrated problem based learning model in the Islamic context
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 1 DARUL IMARAH (DIAN RIZAL FAHMI, 2020)
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (RIKA OKTAVIANA A, 2019)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS ISLAMI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL (Nurniqta, 2023)
PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)