PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KONTEKS ISLAMI PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMPTQ BAITUSSHALIHIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KONTEKS ISLAMI PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMPTQ BAITUSSHALIHIN BANDA ACEH


Pengarang

NUR AKMALINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Hasbi - 196207091989031002 - m.hasbi@fkip.unsyiah.ac.id - - - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020098

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aceh sebagai daerah istimewa yang memiliki hak-hak otonomi khusus dalam bidang agama, adat, dan pendidikan. Melalui pendidikan dapat menjadikan terobosan baru dalam menegakan syariat islam di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah melalui pendekatan model problem based learning terintegrasi konteks islami siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah pre experimental design atau desain eksprimen yang tidak sebenarnya dengan desain pre test-and post test group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPTQ Baitusshalihin Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan soal tes. Soal pre test terdiri atas 3 soal dan soal post test terdiri atas 3 soal. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji proporsi klasikal dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh Z tabel = 1,65 dan Z hitung = 1,76. Sesuai dengan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima jika Z hitung > Z tabel. Maka H0 ditolak sehingga siswa mencapai ketuntasan belajar setelah penerapan model problem based learning terintegrasi konteks islami.

Aceh as a special region has special autonomy rights in the fields of religion, custom and education. Through education, it can make new breakthroughs in upholding Islamic law in Aceh. The purpose of this research is through the integrated problem-based learning model approach in the Islamic context, students can achieve mastery of learning outcomes. The research uses a quantitative approach with the type of research used is a pre-experimental design or an experimental design that is not true with a pre-test-and post-test group design. The population of this study were all students of class VII SMPTQ Baitusshalihin Banda Aceh. The data collection technique used in this study was the Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheets (LKPD) and test questions. The pre test questions consist of 3 questions and the post test questions consist of 3 questions. To test the hypothesis using the classical proportion test using a significant level of 5% obtained Z table = 1.65 and Z count = 1.76. In accordance with the test criteria H0 is rejected and H1 is accepted if Z count > Z table. Then H0 is rejected so that students achieve learning mastery after applying the integrated problem based learning model in the Islamic context

Citation



    SERVICES DESK